Naudzubillah! Jauhi Penyakit Ini atau Tak Bisa Masuk Surga

Apr 20, 2022 12:20
Ilustrasi dendam (Pixabay)
Ilustrasi dendam (Pixabay)

JATIMTIMES - Penyakit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat menganggu sistem kerja tubuh. Dengan terganggunya sistem kerja tubuh, tentunya dapat menganggu aktivitas yang dilakukan setiap harinya. 

Akan tetapi, penyakit tidak hanya bisa menyakiti fisik saja, namun juga bisa menyakiti hati seseorang. Seperti diketahui, bahwa hati memiliki peranan sangat penting. Sebab, apapun amalan yang dilakukan badan, tidak akan diterima tanpa peranan amalan hati.  

Bahkan terdapat penyakit yang dialami oleh manusia tersebut, sudah ada sejak zaman dahulu kala hingga saat ini. Karena penyakit ini, manusia yang mengidapnya tidak akan masuk surga.

Lantas penyakit apa yang dimaksud? Simak informasinya yang diolah dari channel Ensiklopedia Al Fatih.

Penyakit yang menjangkiti umat manusia sejak dahulu hingga saat ini adalah dendam. Dendam merupakan penyakit yang berbahaya dan banyak diderita oleh seseorang tanpa disadari. Hal ini ditandai dengan perasaan yang tidak senang atau sakit hati kepada  orang lain.

Dalam sebuah hadistnya, Rasulullah mengingatkan, "Kelak akan menimpa umatku penyakit umat terdahulu yaitu penyakit sombong, kufur nikmat dan lupa daratan dalam memperoleh kenikmatan. Mereka berlomba mengumpulkan harta dan bermegah-megah dengan harta. Mereka terjerumus dalam jurang kesenangan dunia, saling bermusuhan, dan saling iri dengki dan dendam, sehingga mereka saling melakukan kezaliman (melampaui batasnya)" (HR Al Hakim).

Pertikaian antar manusia tidak jarang menimbulkan konflik antar sesama. Dan tidak jarang bukan hanya luka fisik saja yang dialami, bahkan di antara mereka juga ada yang menyimpan rasa dendam.

Terkadang seseorang terus berfikir bagaimana cara dalam melampiaskan atau membalas sakit hati yang dirasakan seseorang akibat pertikaian tersebut. Tidak jarang, seseorang melakukan segala macam cara untuk menambahkan dendamnya tersebut. 

Dendam sendiri, merupakan salah satu sifat yang sebenarnya tak boleh dilakukan dalam Islam. Hal tersebut dikarenakan penyakit hati yang satu ini dapat merenggangkan tali silaturahmi. 

Bahkan orang yang masih menyimpan dendam, tidak bisa dibukakan baginya pintu surga kecuali mereka sudah berdamai. Rasulullah bersabda,"Pintu-pintu surga itu dibuka pada hari Senin dan Kamis, lalu diampunkanlah bagi setiap hamba yang tidak menyekutukan sesuatu dengan Allah, kecuali seseorang yang diantara dirinya dan saudaranya itu ada rasa dendam, lalu dikatakanlah hingga keduanya berdamai kembali," (HR Muslim).

Karena itulah sebagai seorang manusia, hendaknya haruslah menyingkirkan rasa atau penyakit tersebut. Sebab selain merugikan diri sendiri dan orang lain, hal itu juga akan membuat mereka tertahan untuk bisa masuk ke dalam surga di akhirat kelak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penyakit hatidendam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru