Kenalan dengan Seven Summitnya Indonesia

Apr 29, 2022 11:10
Deretan seven summit Indonesia.(Foto: Istimewa).
Deretan seven summit Indonesia.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai panorama alam yang eksotis. Mulai dari pantai, laut, danau hingga pegunungan, punya keberagaman eksotismenya masing-masing. Bahkan juga banyak yang telah dikenal di kalangan wisatawan mancanegara (wisman). 

Berbicara panorama alam yang eksotis, salah satu yang menjadi unggulan Indonesia adalah keberadaan jajaran gunungnya. Bahkan, ada 7 gunung di Indonesia yang disebut sebagai Seven Summit Indonesia, atau 7 puncak tertinggi di Indonesia. 

Dilansir dari laman the7summitsindonesia.com, 7 puncak tertinggi ini tersebar di pulau-pulau besar yang ada di Indonesia. Hingga akhirnya, dibentuk konsep untuk menentukan 7 puncak tertinggi di Indonesia yang dapat mewakili seluruh Indonesia. 

Berikut Seven Summit Indonesia yang berhasil dihimpun oleh JatimTIMES:

1. Cartenz Pyramid di Gunung Jaya Wijaya, Pulau Irian Jaya. 

Cartenz Pyramid.(Foto: Istimewa).

Berada di ketinggian 4.884 mdpl membuat puncak yang ada di tanah Papua menjadi yang tertinggi di Indonesia. Selain itu, Cartenz Pyramid juga disebut menjadi yang teristimewa yang ada di Indonesia, pasalnya di puncak ini terdapat salju. Meskipun, secara umum Indonesia adalah negara yang beriklim tropis. Untuk itu, bagi pendaki yang akan menaklukan puncak ini, harus ada persiapan lebih yang dilakukan. 

2. Puncak Indrapura Gunung Kerinci di Pulau Sumatera

Gunung Kerinci.(Foto: Istimewa).


Gunung yang berketinggian 3.805 mdpl ini merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia. Posisinya berada di Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Jika berada di puncaknya, pendaki gunung ini bisa menikmati pemandangan Kota Jambi Padang dan Bengkulu. 

Dilansir dari laman magma.esdm.go.id, Gunung Kerinci masih berstatus level II atau waspada. Dan berdasarkan pantauan selama 24 jam pada Jumat (17/12/2021), gunung ini mengalami 65 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 0.5-8 mm, dan lama gempa 10-25 detik.

3. Gunung Rinjani di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Gunung Rinjani.(Foto: Istimewa).


Secara geografis, gunung ini berlokasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan posisi geografis di Latitude -8.42°LU, Longitude 116.47°BT dan memiliki ketinggian 3726 mdpl. Salah satu spot yang tersohor di gunung ini adalah Danau Segara Anak. Wisatawan yang mendaki di Gunung Rinjani, biasanya beristirahat dan mendirikan tenda di danau ini. 

Selain itu, Gunung Rinjani juga menjadi salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Dikutip dari laman magma.esdm.go.id, dalam periode pengamatan selama 24 jam pada Jumat (17/12/2021), gunung ini masih mengalami aktifitas kegempaan. 

Yakni 1 kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 5 mm, S-P 7 detik dan lama gempa 32 detik dan 2 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 8-12 mm, S-P 17-24 detik dan lama gempa 42-75 detik.

4. Puncak Mahameru di Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur

Ranu Kumbolo, salah satu spot andalan di jalur pendakian Gunung Semeru.(Foto: Istimewa).


Gunung yang mendapat julukan tiang Pulau Jawa ini cukup tersohor di kalangan pecinta alam yang memiliki hobi mendaki gunung. Jika di Gunung Rinjani ada Danau Segara Anak, di gunung berketinggian 3.676 mdpl ini punya Ranu Kumbolo. Yang juga menjadi spot andalan bagi pendaki untuk mendirikan tenda sebelum melanjutkan perjalanan ke Puncak Mahameru. 

Pada waktu yang tepat, pendaki gunung ini bisa menyaksikan momen matahari terbit di Ranu Kumbolo. Sebersit cahaya khas sunrise yang muncul dari tengah bukit di Rahu Kumbolo, memang menawarkan sensasi berbeda bagi para pendaki Semeru. 

Hingga saat ini, gunung ini masih aktif. Sehingga, pendaki maupun masyarakat di sekitar gunung ini juga diimbau untuk waspada. Apalagi, gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini baru saja terjadi erupsi hebat pada Sabtu (4/12/2021) lalu. 

5. Puncak Rantemario Gunung Latimojong di Pulau Sulawesi

Gunung Latimojong.(Foto: Istimewa).


Pegunungan ini terletak di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dikutip dari laman indonesiakaya.com, terdapat beberapa puncak yang ada di Gunung Latimojong. 

Titik tertinggi dari pegunungan ini dinamai Puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Titik awal pendakian pegunungan ini dapat dimulai dari Desa Karangan. Sedangkan puncaknya sendiri ditandai dengan sebuah tugu triangulasi di tengah-tengah lahan yang cukup datar, bertuliskan Puncak Rante Mario. 

Untuk menuju gunung ini, jaraknya cukup jauh. Yakni sekitar perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 10 jam dari Makasar. 

6. Gunung Binaiya Puncak Tertinggi di Kepulauan Maluku

Gunung Binaiya.(Foto: Istimewa).


Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Provinsi Maluku yang mempunyai ketinggian ketinggian 3.005 mdpl. Menuju ke lokasi ini, dapat diakses melalui Ambon dengan menggunakan bus tujuan  pelabuhan Tulehu.

Setibanya di pelabuhan, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Seram. Setiba di Pelabuhan Wahai Pulau Seram, perjalanan dilanjutkan menuju lokasi, dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. 

Jauhnya perjalanan, ditambah trek di gunung ini yang dikenal cukup ekstrem, akan terbayar dengan suguhan panorama yang ada di puncak. 

7. Gunung Bukit Raya Puncak Tertinggi di Pulau Kalimantan

Gunung Bukit Raya.(Foto: Istimewa).

Gunung Bukit Raya, atau sebagian orang ada yang menyebutnya dengan Gunung Raya terletak du Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah. Puncak gunung dengan ketinggian 2.278 mdpl ini menjadi puncak tertinggi di tanah borneo. Meski diantara 7 puncak lain ketinggian gunung ini adalah yang terendah, namun gunung ini masuk ke dalam seven summit Indonesia karena menjadi yang tertinggi di Pulau Kalimantan. 

Itulah 7 puncak gunung yang berjuluk Seven Summitnya Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
gencar malanggunung di indonesiaBerita Wisata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru