Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Inilah Sosok Crazy Rich di Balik Produk Makanan Kinder Joy yang Kini Ditarik dari Pasaran

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

14 - Apr - 2022, 13:49

Kinder Joy (Foto: kinder.com)
Kinder Joy (Foto: kinder.com)

JATIMTIMES - Belum lama ini, masyarakat dihebohkan dengan ditariknya produk makanan Kinder Joy dari pasaran. Pasalnya, ada laporan dugaan kontaminasi bakteri salmonella dalam produk makanan Kinder Joy itu. 

Menyikapi temuan kasus ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) lantas memutuskan untuk menyetop sementara peredaran Kinder Joy yang terdaftar di Indonesia.

Meski dipastikan produk cokelat Kinder di Indonesia berbeda dengan negara yang melaporkan kasus Salmonella. Namun, BPOM tetap menghentikan peredaran Kinder Joy dengan alasan kehati-hatian. 

Kepala BPOM Penny K Lukito menegaskan produk Kinder Joy akan ditarik sementara dari pasaran. "Kinder Joy akan ditarik oleh pemilik izin edar, tentunya masyarakat jangan membeli dan makan dulu," ujar Penny. 

Lantas siapa sih pengusaha di balik Kinder Joy ini? 

Ya, sosok Crazy Rich dari produk Kinder Joy ini adalah Giovanni Ferrero. Giovanni Ferrero adalah pemilik grup perusahaan makanan asal Italia, Ferrero. 

Giovanni Ferrero

Giovanni menjabat sebagai co-CEO dengan saudaranya, Pietro, yang meninggal karena serangan jantung pada tahun 2011 lalu. Lalu pada tahun 2017 ia mengundurkan diri sebagai CEO, namun tetap menjabat sebagai ketua eksekutif untuk fokus pada strategi perusahaan.

Perusahaan Ferrero sendiri dibangun oleh sang kakek Pietro Ferrero bersama sang istri pada 1947 di Italia. Keluarga Ferrero lalu menjadi pabrikan pertama di Italia yang membuka lokasi produksi dan kantor di luar negeri di sektor makanan setelah Perang Dunia II. 

Hingga saat ini, Ferrero dikenal sebagai produsen makanan ikonik termasuk Nutella, Kinder, dan Tic Tac. Pabrik Ferrero tersebar di seluruh dunia, di antaranya berlokasi di Belgia, Australia, India, Turki, Mexico dan China. 

Saking sukses dan besarnya, pada 2021, Ferrero mencatatkan penjualan senilai US$ 14 Miliar. Berkat perusahaannya itu, menurut laporan Forbes real times billionair, Giovanni Ferrero ada diurutan ke-37 dalam daftar orang paling kaya di dunia per Kamis (14/4/2022).

Berdasarkan laporan itu, total kekayaan pengusaha 57 tahun itu mencapai US$ 35,9 miliar atau lebih dari Rp 513,37 triliun. 


Topik

Profil


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy