Mulai Berlubang hingga Longsor, Jalan Rusak di Pagak Tunggu Perbaikan

Apr 11, 2022 16:52
Ruas jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang nyaris ambles karena bahu jalannya longsor. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ruas jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang nyaris ambles karena bahu jalannya longsor. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sejumlah titik ruas jalan di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, dikeluhkan masyarakat pengguna jalan. Pasalnya, ruas jalan tersebut rusak dan berlubang.

Salah satu ruas jalan yang dikeluhkan  ada di wilayah yang biasa disebut masyarakat Gunung Geger.  Di situ, kondisi lubang yang tersebar membuat pengendara yang melintas harus berhati-hati, baik kendaraan roda dua atau roda empat. Apalagi, berdasarkan pantauan di lapangan, kedalaman lubang ada yang mencapai 15 cm. 

Jalur tersebut kerap dilalui kendaraan truk bermuatan besar. Sehingga, tak jarang saat banyak kendaraan yang melintas, harus ekstrahati-hati dan memilih jalan yang tidak membahayakan. 

"Jalan berlubang kayak begini ya harus pelan-pelan. Apalagi kalau pas ada mobil muatan (besar). Yang bawa sepeda (motor) tidak bisa asal nyalip," ujar salah seorang pengendara roda dua, Rusdianto (43).

Pantauan di lapangan, selain jalan berlubang, juga ada dua ruas jalan yang terpaksa harus ditutup satu sisi jalurnya.  Sejumlah warga juga terlihat mengatur arus kendaraan yang melintas karena harus bergantian. 

Jalur yang ditutup tersebut baru saja terjadi longsor. Juga terlihat garis kuning sebagai peringatan dan papan yang bertuliskan 'awas longsor'.  "(Longsor) sudah agak lama, sekitar empat bulanan lalu," ujar salah seorang warga yang mengatur jalan. 

Dengan kondisi tersebut, warga sekitar pun berinisiatif untuk mengatur kendaraan yang melintas. Sebab, longsor tersebut juga mengakibatkan sebagian badan jalan rawan ikut ambles. 

Selain longsor, ada satu titik ruas jalan yang rusak sehingga satu lajur uga ditutup mengingat lubangnya cukup parah dan tak kunjung diperbaiki. Warga pun akhirnya berinisiatif untuk menambal lobang tersebut secara swadaya. 

"Kalau di situ masuk Desa Sumberejo. Itu   sudah kami ajukan perbaikan. Tapi memang sementara ini sambil menunggu, saya minta karang taruna setempat untuk semacam melakukan pengamanan di sekitar daerah tersebut," ujar Camat Pagak Ichwanul Muslimin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalan RusakKecamatan Pagak Kabupaten MalangDitolak gebetan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru