Lima Tanda Allah Sangat Mencintai Hambanya

Apr 04, 2022 08:22
Ilustrasi cinta kepada Allah (istimewa)
Ilustrasi cinta kepada Allah (istimewa)

JATIMTIMES - Allah SWT memiliki sifat Al Mahabbah (cinta), yakni mencintai hamba atau umatnya yang beriman dan bertaqwa. Namun cinta Allah tidaklah seperti cinta seorang mahluk.  Cinta Allah itu telah dibuktikan dalam kitab dan hadist. 

Setiap orang tentunya selalu mengharapkan keridhaan dari Allah SWT. Sebab, sejatinya, tidak ada kebahagiaan yang dicari, selain dicintai sang pencipta.

Diolah dari Ensiklopedia Al Fatih, Tanda-tanda Allah mencintai hambanya, setidaknya ada lima. Lima tanda tersebut adalah :

1. Diterima di Bumi

Ketika Allah mencintai hambanya, maka seorang umat tersebut akan mendapatkan penerimaan di muka bumi. Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda, "Apabila Allah mencintai seorang hamba maka, dia menyuruh Jibril. Sesungguhnya Allah mencintai Fulan maka cintailah dia, maka Jibril pun mencintainya. Lalu Jibril menyeru penduduk langit" (HR Bukhari).

2. Diberikan Pemahaman Tentang Agama

Jika Allah mencintai seorang hamba, maka Allah akan memberikan keyakinan atau agama kepadanya. Dengan begitu, seorang umat akan berbuat baik dan jauh dari perbuatan dosa.

Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla memberikan dunia kepada orang yang dicintai dan pada orang tidak dicintai. namun tidak memberikan agama kecuali kepada orang yang dicintainya. Maka, barangsiapa yang Allah berikan agama berarti Allah mencintainya" (HR Ahmad).

Allah akan mengisi lidah orang yang dicintainya dengan dzikir dan mengisi anggota tubuhnya dengan ketaatan, menghiburnya dan menghindarkan dari kelalaian.

3. Memenuhi Segala Permintaannya

Jika Allah SWT mencintai seorang hamba-Nya, maka Allah akan memenuhi segala permintaan dan melindungi hamba tersebut. 
 
Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah berfirman: Barang siapa memusuhi Wali ku, sungguh aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hambaku mendekat kepada-ku dengan sesuatu yang lebih aku cintai daripada hal-hal yang aku wajibkan kepadanya. Hamba yang tidak henti-hentinya mendekat kepadaku dengan ibadah-ibadah Sunnah hingga aku mencintainya. Jika aku telah mencintainya, aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang digunakan untuk berbuat dan menjadi kaki yang digunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepadaku, aku pasti memberinya dan jika dia meminta perlindungan kepada-ku, aku pasti melindunginya" (HR Bukhari).

4. Memberikan Cobaan untuk Menyucikan Dosa

Ujian yang datang kepada seorang hamba, merupakan salah satu tanda jika Allah sangat mencintai seorang hamba tersebut. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW berkata, " sesungguhnya besarnya balasan disertai besarnya pahala. Dan apabila Allah mencintai sesuatu kaum, ia memberi cobaan kepada mereka. Maka barang siapa yang ridho, maka baginya ridho dan siapa yang marah, maka baginya kemarahan" (HR Bukhari).

5. Dibuka Pintu amal Saleh

Apabila Allah menginginkan kebaikan kepada seorang hamba, Allah akan jadikan ia beramal lalu dikatakan: apakah maksud dijadikan beramal itu?, beliau bersabda "Allah bukakan untuknya amalan saleh sebelum meninggalnya, sehingga orang-orang yang berada di sekitarnya Ridha kepadanya"(HR Ahmad dan Al Hakim).

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
allah cinta umatnyapelaporan hotman parisKekasih Allah SWT

Berita Lainnya

Berita

Terbaru