Dahsyatnya Surah Taha, Mampu Luluhkan Sosok Penentang Islam ini Menjadi Mualaf

Apr 03, 2022 08:32
Sumber : albayaancianjur.com
Sumber : albayaancianjur.com

JATIMTIMES - Turunnya setiap surah dalam Al Quran memiliki sejarah atau sebab. Di mana setiap surah di dalamnya tentu juga mengandung makna dan pelajaran bagi umat muslim. Salah satunya seperti Surah Taha yang merupakan surah ke-20 dengan jumlah 135 ayat.

Surah ini diturunkan dalam dua tahapan, yakni tahapan surah yang diturunkan di Makkah atau disebut Makkiyah. Kemudian tahapan kedua yaitu surah yang diturunkan di Madinah atau Madaniyah. Ayat yang diturunkan di Madinah adalah ayat 120 dan 121. Sedangkan sisanya diiturunkan di Makkah. Ayat 120 dan 121 ini sendiri diturunkan setelah Surah Maryam.

"Taahaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu supaya kamu menjadi susah." (QS 20 Taha ayat 1-2).

Surat yang memiliki 135 ayat ini memiliki cerita-cerita yang unik dan begitu inspiratif. Salah satunya termasuk kisah Sahabat Nabi yang terkenal tegas yaitu Ummar Bin Khattab.

Ummar merupakan sosok tegas dan terbilang menakutkan pada masa kepemimpinanya. Namun, sebelum menjadi seorang Khalifah kaum islam, Umar merupakan seorang kaum Quraisy yang sangat membenci islam.

Terdapat kisah yang terkenal berkaitan dengan hal ini. Yaitu ketika Nabi Muhammad SAW mulai menyebarkan Islam secara terang-terangan, sementara Umar masih mempertahankan tradisi masyarakat Quraiys.

Umar bin Khattab  adalah salah satu yang paling kuat menentang Islam pada masa itu. Menurut ahli sejarah Islam, semasa Umar dalam perjalanan membunuh Rasulullah, ia bertemu dengan seseorang yang mengatakan bahwa ia haruslah membunuh adik perempuannya dahulu sebelum membunuh Rasulullah SAW, karena adik Umar sendiri sudah memeluk Islam.

Sayidina Umar pergi ke rumah adiknya dan mendapati adiknya sedang membaca Al-Qur'an. Setelah mendengar ayat-ayat dari Surah Taha, hati Ummar Bin Khattab seolah terketuk dan kekerasan hatinya mulai luluh secara perlahan.

Umar merasa terharu ketika membaca dan mendengar ayat-ayat Al-Qur'an yang begitu indah. Sehingga Umar memeluk Islam pada hari itu juga. Itulah kelebihan Surah Taha yang dibaca oleh adik Umar. Setelah peristiwa tersebut, Umar berjanji akan melindungi Islam hingga tetes darah terakhir.

Dari kisah yang terkandung di dalamnya, salah satu manfaat membaca Surah Taha adalah bisa digunakan untuk wasilah doa agar melembutkan hati. Bagi seseorang yang merasa hatinya keras, atau ada seseorang yang saudara atau sahabatnya memiliki hati yang keras, maka dapat dibacakan ayat 1-5 dari Surah Taha ini. Berikut adalah Surat Thaha ayat 1-5:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
manfaat buah sukunUmar bin KhattabNabi Muhammad SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru