Arema FC Tak Update Aturan FIFA, Ini Sandaran Fortes Hingga Pindah ke PSIS Semarang

Apr 02, 2022 20:46
Mantan striker Arema FC, Carlos Fortes (foto: Instagram/ Carlos Fortes)
Mantan striker Arema FC, Carlos Fortes (foto: Instagram/ Carlos Fortes)

JATIMTIMES - Carlos Fortes membuat tiga pernyataan mengejutkan usai bergabung dengan PSIS Semarang. Hal tersebut disampaikan melalui story Instagram pribadinya.

Carlos Fortes secara mengejutkan dikenalkan oleh PSIS Semarang untuk kompetisi Liga 1 musim depan. Pemain asal Portugal itu bergabung ke Semarang bersama Taisei Marukawa, mantan pemain Persebaya Surabaya. Hal tersebut memupuskan harapan Arema FC yang ingin Fortes bertahan untuk musim depan.

Namun kepergian Fortes terlihat janggal, karena Arema FC mengeluarkan statemen bahwa kontrak pemain berambut gimbal itu baru habis pada 31 April 2022. Tapi hal itu langsung disanggah oleh Fortes melalui pernyataannya yang dibuat dalam tulisan berbahasa Indonesia pada story Instagram pribadinya.

“klarifikasi: 1- AREMA tidak pernah menghubungi saya secara langsung untuk memperbarui kontrak saya!,” tulis Fortes mengklarifikasi.

“2- dalam 3 bulan terakhir kontrak saya dapat bernegosiasi dan menandatangani dengan klub lain (hukum FIFA),” lanjut Fortes.

“3- semua direktur, presiden dan pemilik klub diberitahu bahwa saya memiliki proposal dari PSIS dan mereka tidak menghubungi saya,” klarifikasi Fortes poin ketiga.

Lanjut Fortes, ia meyakini kalau tetap membela Arema FC hingga akhir musim. Bahkan ia tetap bermain profesional dengan mencetak gol di pertandingan terakhir.

“Saya menghormati klub sampai akhir, saya profesional, saya berjuang untuk klub, saya tidak mengakui bahwa mereka datang sekarang untuk mengatakan bahwa Fortes memiliki sikap buruk karena itu tidak benar! tapi sekali lagi saya menghargai semua yang telah AREMA lakukan untuk saya dan Aremania atas semua dukungannya selama musim ini. Salam Satu Jiwa,” imbuh Fortes.

Aturan yang berkaitan dengan kasus Carlos Fortes tercantum dalam regulasi FIFA Pasal IV Bab 18 tentang Ketentuan Khusus Terkait Kontrak Antara Pemain Profesional dan Klub.

Dalam poin ketiga tertulis bahwa seorang pemain profesional bisa menyepakati kerja sama dengan klub lain jika kontrak dengan klub terkini sudah habis atau akan berakhir dalam waktu enam bulan.

“Klub yang ingin membuat kontrak dengan seorang pemain profesional harus membuat pemberitahuan secara tertulis kepada klub pemain saat ini sebelum melakukan negosiasi. Seorang pemain profesional hanya bisa membuat kontrak dengan klub lain jika kontraknya dengan klub saat ini telah berakhir atau akan berakhir dalam waktu enam bulan. Setiap pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dikenakan sanksi yang sesuai,” demikian bunyi regulasi FIFA Pasal IV Bab 18 poin ketiga.

Dalam hal ini, Fortes mengaku belum ada komunikasi yang dilakukan manajemen Arema FC terkait masa depannya di Malang. Hal itulah yang mendorong dirinya untuk membuka hati untuk tim lain.

Diberitakan sebelumnya, manajemen Arema FC menyayangkan keputusan Carlos Fortes yang menyalahi aturan kerjasama dengan manajemen tim Singo Edan.

Dalam kontrak yang sudah disepakati, kontrak Carlos Fortes habis pada 31 April 2022 mendatang. Artinya, masih ada satu bulan waktu yang tersisa ikatan Arema FC dan Carlos Fortes. Namun ternyata, pemain asal Portugal tersebut memilih untuk bergabung dengan PSIS Semarang. 

“Tentu sangat disayangkan atas apa yang dilakukan oleh Carlos Fortes. Ikatan kerjasama kontrak antara Carlos Fortes dan Arema FC berakhir pada 31 April 2022 mendatang,” ungkap media officer Arema FC, Sudarmaji.

Manajemen Arema FC sendiri terbuka seandainya ada pemain yang ingin mengakhiri kontrak lebih cepat. Namun manajemen berharap jika pemain ingin mengakhiri kontrak, lebih bijak jika hal itu dibicarakan lebih dulu dengan manajemen. 

“Jika memang ada keinginan pribadi Fortes untuk emngakhiri kontraknya dengan Arema FC, harusnya dibicarakan dengan manajemen klub Arema FC terlebih dahulu,” ungkap Sudarmaji. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Arema FCcarlos fortes

Berita Lainnya

Berita

Terbaru