Sambut Bahagia Bulan Ramadan, Warga di Kota Batu Kirab Suguhkan Tumpeng Pohon

Apr 01, 2022 08:53
Warga saat menikmati tumpeng di Masjid Merah Putih RW 05 Dusun Srebet Barat, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kamis (31/3/2022) malam. (Foto: istimewa)
Warga saat menikmati tumpeng di Masjid Merah Putih RW 05 Dusun Srebet Barat, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kamis (31/3/2022) malam. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan memang selalu dengan penuh sukacita. Bahkan, berbagai daerah di Indonesia juga menyambutnya dengan sederet tradisi unik, salah satunya di Kota Batu. Tradisi yang tak pernah ditinggalkan itu pun kembali dilakukan warga di RW 05 Dusun Srebet Barat, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Tradisi yang dikenal dengan istilah megengan itu digelar pada Kamis (31/3/2022) malam.

Megengan yang digelar kali ini memang cukup istimewa. Karena kembali dilaksanakan oleh masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang cukup membelenggu. Selain itu, warga juga menyambutnya dengan melakukan kirab tumpeng dan karak-karakan jajanan pasar yang diikuti ratusan warga Dusun Srebet Barat.

“Diikuti seluruh penduduk warga Dusun Srebet tepatnya di RW 05. Sekitar 700 lebih warga  yang ikut kirab. Terdiri dari para santri TPQ se-RW 05, para pemuda, hingga para Ibu-ibu serta bapak-bapak,” ucap Kepala Dusun Srebet Barat, Muhson Hambali.

Tentunya, mereka tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker selama kirab. Di antara deretan tumpeng yang kirab ada satu yang cukup menarik dibanding yang lainnya. Kemudian yang cukup menarik itu adalah tumpeng pohon. Terlihat pada bagian tengah tumpeng terdapat sebuah kayu yang ditumbuhi tanaman. Kayu itu hasil dari hutan sekitar Desa Pesanggrahan.

“Pohon atau kayu itu sebagai simbol bahwa alam hutan sekitar juga perlu diselamati yang selama ini telah banyak memberi sumber kehidupan bagi warga,” tambah Ketua RW 05, Nasrudin Amrullah.

Setelah berkeliling, seluruhnya berkumpul di salah satu masjid yakni Masjid Merah Putih. Di sana masyarakat menikmati tumpeng juga jajanan pasar bersama-sama. Sehingga terlihat guyub rukun warga Dusun Srebet Barat.

Sementara itu, Pemuda Desa Pesanggrahan M. Hasan Abdillah menambahkan, megengan sebagai penanda sekaligus wujud bahagia menyambut datangnya bulan Ramadan. Untuk itu agar syiar rasa syukur bisa dirasakan oleh semua lapisan warga diwujudkan kirab tumpeng.

“Dengan seperti ini wujud rasa syukur kamu, masih diberi kesempatan menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan,” tutup Hasan yang juga Aktivis GP Ansor Kota Batu ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
megenganTradisi MegenganKota Batubni mobile bankingberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru