Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Mar 31, 2022 09:25
Sumber gambar : Tirto
Sumber gambar : Tirto

JATIMTIMES  - Anda yang memiliki kulit wajah rentan akan kemunculan jerawat, tentunya akan sangat panik dan stres saat jerawat muncul tiba-tiba tidak tepat pada waktunya.

Bukan cuma merusak penampilan. Kehadiran jerawat di wajah bisa merusak kondisi kulit untuk waktu yang lama. Itulah mengapa kita tidak bisa sembarangan menangani benjolan kecil tersebut.

Tahap pertama dalam menghilangkan jerawat adalah mengempiskannya terlebih dahulu. Jerawat yang langsung dipencet ketika sedang meradang dapat meninggalkan luka mendalam pada kulit. 

Selain itu, reaksi munculnya jerawat baru pada titik lain pun bisa saja terjadi. Maka dari itu, memencet jerawat sama sekali tidak disarankan.

Agar tidak menimbulkan masalah baru yang diakibatkan oleh jerawat, simak tips berikut ini:

1. Kompres dengan es batu

Sensasi dingin yang didapatkan dari es batu membuat beberapa orang memilih langkah ini untuk menghilangkan jerawat dalam waktu semalaman.

Cara melakukannya cukup mudah. Letakkan es batu ke dalam sebuah kain, lalu pijat-pijatkan ke wajah yang berjerawat secara lembut dan perlahan. Ulangi beberapa kali hingga dirasa jerawat semakin mengempis.

2. Campuran madu dan kayu manis

Cara cepat mengempeskan jerawat dengan cepat dan alami juga dapat dilakukan dengan meracik ramuan kayu manis dan madu. Seperti yang sudah kita ketahui, kandungan aktif dalam madu dapat mengempiskan jerawat. Jika dipadukan dengan kayu manis yang mengandung sifat antiinflamasi, jerawat bakal hilang di pagi hari. 

Caranya pun mudah. Campurkan bubuk kayu manis dengan sedikit madu, lalu aduk sampai membentuk pasta kental. Oleskan ramuan pada jerawat dan diamkan selama semalam. Bilas wajah menggunakan air hangat di pagi hari dan saksikan sendiri keajaibannya.

3. Bawang putih

Cara mengempiskan jerawat batu dengan bawang putih sudah dilakukan sejak lama. Ya, resep ini merupakan saran turun-temurun dari para leluhur kita zaman dahulu. Bawang putih bersifat antibakteri dan mengandung antioksidan. Kandungannya tidak hanya bisa mengempiskan, tetapi juga menghilangkan jerawat batu.

Cara mengempiskan jerawat pakai bawang putih mudah. Cukup potong bawang putih kecil-kecil dan tempelkan pada jerawat. Biarkan selama semalaman dan cuci muka keesokan harinya.

4. Pasta gigi

Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi kerap menjadi pilihan menarik dan coba-coba bagi sebagian orang. Selain murah dan mudah didapat, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi cukup mudah dipraktikkan.

Mengoleskan pasta gigi ke jerawat sempat menjadi tren di masyarakat. Hal ini karena kandungan dalam pasta gigi dipercaya dapat membuat jerawat cepat kering. Anda cukup mengoleskan pasta gigi ke bagian wajah yang berjerawat dan membiarkannya semalaman. Esok paginya jerawat akan segera kering. Namun Anda juga haru memerhatikan pemilihan pasta gigi yang tepat.

5. Balsem

Balsem sangat berguna untuk mengobati jerawat karena kandungan antiinflamasi dalam balsemlah yang mampu mencegah peradangan kulit termasuk jerawat, seperti jerawat pada wajah Anda. 

Dengan mengoleskan sedikit balsem pada jerawat, maka akan membuat jerawat menjadi kering dan kemudian menghilang. Namun yang harus diingat,  jangan terlalu banyak untuk mengoleskan balsem karena efek panas yang berlebihan akan membuat wajah Anda terasa sakit.Sebagai catatan, Anda hanya boleh menggunakan saat genting. Hindari penggunaan yang terlalu sering. 

Efek samping balsem untuk jerawat akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar sesaat setelah balsem dioleskan pada jerawat. Namun, rasa panas tersebut akan cepat hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Cara cepat obati jerawatKematian seorang gadismengobati jerawat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru