Kesalahan Fatal Penyalahgunaan Handphone yang Masih Dilakukan Millennial, Awas Bahayakan Fungsi Otak

Mar 30, 2022 09:18
Ilustrasi meletakkan handphone di samping kepala saat tidur. (Foto: iStock)
Ilustrasi meletakkan handphone di samping kepala saat tidur. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Dewasa ini, alat canggih berbentuk persegi panjang yang sering kita sebut smartphone dengan fungsi yang sangat fleksibel ini sudah menjadi kebutuhan primer masing-masing individu. Pasalnya, hampir semua informasi dapat diakses melalui handphone tanpa harus berkeliaran kemana-mana.

Penggunaan ponsel memang sudah seperti hal wajib untuk dilakukan di zaman sekarang ini. Berbagai pekerjaan yang dilakukan hanya melalui ponsel biasa membuat orang sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini.

Namun, banyak orang yang tidak menyadari jika penggunaan yang salah dapat menyebabkan masalah yang serius. Sehingga, patut kiranya untuk selalu memperhatikan hal-hal berikut ini untuk menghindari risiko yang merugikan.

1. Meletakkan Handphone di Kasur

Kebiasaan sepele meletakkan handphone di kasur ternyata memiliki bahaya cukup besar bagi kesehatan manusia.

Handphone menjadi salah satu alat yang sulit dilepaskan dari manusia. Alat komunikasi yang satu ini selalu dibawa kemana-mana baik saat bermain, bekerja bahkan saat tidur. Beberapa orang kerap kali menaruh Handphone di kasur atau samping bantal saat tertidur.

Namun, meletakkan handphone di kasur hanya akan menganggu istirahatmu. Gelombang radio yang dihasilkan handphone bisa mempengaruhi suplai darah ke korteks serebral dan menyebabkan perubahan EEG. Hal itu lantas membuat seseorang mengalami insomnia yang tentu membuat kualitas tidur jadi tidak baik.

2. Mengisi Daya Semalaman

Anda pasti sering mendengar larangan untuk mengisi ponsel semalaman. Namun sebenarnya mengapa hal tersebut dilarang? Apa yang menyebabkan kebiasaan tersebut merusak ponsel?

Melansir dari Shared, beberapa orang berpikir mereka dapat mengisi baterai ponsel melewati 100% dan sesungguhnya itu kebiasaan yang buruk. Ponsel Anda tak akan pernah "overcharge" dan tak berbahaya untuk terus mengisinya setelah baterai mencapai 100%.

Baterai ponsel yang bagus tak akan meledak atau pecah meski dicas lebih dari 100%. Namun, tetap saja itu merupakan ide yang buruk untuk mengisi daya ponsel lebih lama dari yang seharusnya.

3. Menggunakan Headset Sampai Tertidur

Di ponsel pintar, kamu bisa mendengarkan lagu favoritmu kapanpun dan di mana pun, baik secara offline ataupun online.

Namun terkadang, pengguna kerap terlalu berlebihan saat melakukan aktivitas tersebut. Salah satunya adalah dengan membawa ponsel hingga ke tempat tidur hanya untuk mendengarkan lagi favorit.

Tidur dengan menggunakan headset bisa membuat telinga Anda mengalami infeksi. Ini dikarenakan tekanan perangkat yang bisa membuat telinga kamu merasa nyeri. Infeksi telinga dapat terjadi karena adanya gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama.

4. Menggunakan Handphone saat Diisi Daya

Ditenagai dengan baterai isi ulang, ponsel pastilah membutuhkan waktu untuk mengisi ulang daya dalam baterainya. Namun karena terlalu asik atau banyak pekerjaan, bahkan tidak sedikit orang yang tidak sabar untuk menunggu daya baterai ponselnya penuh saat di cas. Padahal hal ini sangatlah beresiko baik pada ketahanan ponsel maupun dampak lain bagi penggunanya.

Ponsel yang terus dimainkan saat diisi daya akan membuat suhu ponsel menjadi lebih cepat panas dari keadaan biasanya. Hal ini akan sangat berbahaya karena dapat membuat ponsel lebih cepat rusak bahkan meledak karena tidak mampu lagi menahan suhu yang terlalu tinggi.

5. Sering Membiarkan Ponsel Mati/Lowbat

Betul, charging ponsel tidak baik saat baterai sudah kehabisan daya. Jika ponsel dibiarkan mati karena kehabisan baterai, butuh 'tenaga' ekstra untuk mengisinya lagi, lebih lama, dan lebih panas. Panas adalah musuh utama baterai Lithium-ion, tipe baterai yang umumnya digunakan oleh hampir semua ponsel.

Saat terbiasa charge ketika baterai sudah habis, selain panas, reaksi kimia di dalam baterai akan menghasilkan gas berlebih. Gas ini yang menyebabkan baterai ponsel mudah gembung atau kembung. Saat baterai kosong baru diisi, sel-sel baterai juga lebih mudah rusak. Umur baterai menjadi pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
baterai ponselinsomniapenggunaan ponsel yang salahpengumuman snmptnberita teknologi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru