Viral, Siang dan Malam Terjadi Bersamaan di Alaska, Begini Penampakannya

Mar 29, 2022 17:13
Tangkapan layar video yang diunggah @zonafaktaaa menunjukkan siang malam yang terjadi bersamaan di Alaska.(Foto: Istimewa).
Tangkapan layar video yang diunggah @zonafaktaaa menunjukkan siang malam yang terjadi bersamaan di Alaska.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Alam selalu menyimpan misteri hingga saat ini. Bahkan  tidak jarang ada fenomena yang terkadang berbuah decak kagum. Salah satunya fenomena alam yang berhasil direkam dalam sebuah video dan diunggah oleh akun TikTok @zonafaktaaa. 

Pada video tersebut, seorang pelaut mengabadikan fenomena alam yang cukup menakjubkan. Yakni siang dan malam yang terjadi secara bersamaan. Momen yang berhasil diabadikan tersebut terjadi di lautan Alaska, negara bagian Amerika Serikat yang letaknya berdekatan dengan Kutub Utara.

Dalam video tersebut, si pelaut menunjukkan sisi wilayah yang masih gelap atau pada waktu malam. Terlihat dari  bulan yang masih bersinar terang.

Pelaut itu juga menunjukkan bagian belakangnya yang tampak terang, seperti momen saat matahari baru terbit. 

Penelusuran JatimTIMES, fenomena tersebut adalah garis terminator, yang merupakan garis pemisah antara bagian bumi siang dan malam. Tetapi perlu diketahui juga karena bumi berotasi, maka garis terminator pun  ikut bergerak dari timur ke barat.

Sebagai catatan, Alaska merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah daratan AS sehingga wilayah itu merupakan sebuah eksklave.

Meskipun fenomena tersebut telah diunggah oleh banyak orang, nyatanya fenomena tersebut masih membuat orang terkagum. Salah satunya terlihat di video yang diunggah oleh akun TikTok @zonafaktaaa. 

Banyak netizen yang merespons dengan beragam cuitan di kolom komentar.  "Alaska/kutub adalah poros bumi, sehingga bs mengalami siang malam bersamaan karena lintasan cahaya matahari ada di garis khatulistiwa," ujar akun @ccm10210. 

"Maha besar Allah  atas segala ciptaan-NYA ... jika Allah  berkehendak, pasti akan terjadi semudah membalikkan telapak tangan. Allahu Akbar," ujar @anugrahvahrur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
AlaskaNegara bagian AlaskaFenomena siang malam bersamaanKeajaiban bumi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru