Sarapan Sehat Cukup dengan Tempe, Begini Cara Konsumsinya

Mar 28, 2022 08:44
Tempe (Foto: cookpad.com)
Tempe (Foto: cookpad.com)

JATIMTIMES - Seorang pendakwah sekaligus penulis buku Jurus Sehat Rasulullah dr. Zaidul Akbar mengungkapkan menu sarapan yang sehat yang wajib dikonsumsi.

dr. Zaidul Akbar mengatakan bahan utama yang dipakai adalah tempe. Ia menyebut, sarapan tempe bisa memberi vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

dr. Zaidul Akbar juga mengatakan bahwa tempe merupakan salah satu makanan Indonesia terbaik yang sehat sedunia.

"Saya mendeklarasikan dia (tempe) sebagai makanan paling sehat sedunia," ujar dr. Zaidul Akbar dikutip dari video di kanal Youtube Bisikan.com, Senin (28/3/2022). 

Tempe sendiri adalah makanan yang terbuat dari biji kedelai kemudian diproses melalui fermentasi menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna.

"Tempe itu fermentasi, kalau sudah fermentasi dia (tempe) menjadi probiotik," ujar dr. Zaidul Akbar.

Menurutnya, probiotik itu adalah kuman atau bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

dr. Zaidul Akbar lantas menyarankan saat mengkonsumsi tempe untuk tidak digoreng dan bisa disajikan dalam keadaan mentah atau dipanggang. Sebab minyak goreng bisa merusak sel dalam tubuh.

"Jadi belum pernah cobain kan, tempe (mentah) anda potong-potong lalu anda cocol sama madu, beh... enak banget, serius enak banget," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Selain itu tempe juga bisa dengan  dipotong potong kecil lalu masukan dalam mangkok kemudian dilumuri madu.

"Itu the best (terbaik), kenapa the best? Karena madunya jadi sumber asam amino-nya. Tempenya sumber probiotik-nya, tubuh kita terutama pencernaan," kata dr. Zaidul Akbar.

Selain dengan madu, tempe bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah kurma untuk disajikan sebagai makanan atau sarapan sehat.

Caranya cukup mudah, yaitu dibuat seperti sandwich tempe yang dipotong tipis-tipis dan di tengahnya diletakan buah kurma.

"Jadi ini salah satu makanan yang terbaik pagi-pagi anda mulai konsumsi rutin ini tempe, nanti lama-kelamaan kalau pencernaan sudah baik seluruh sistem tubuh akan reset lagi," jelas dr. Zaidul Akbar.

Tempe, kurma atau madu, apalagi jika ditambah minyak zaitun sudah cukup banyak nutrisi.

"Minumnya teh, teh sereh, teh kayu manis, jahe juga bisa, nggak lagi pake teh sachet," pungkas dr. Zaidul Akbar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbarsarapan sehatsarapan sehat dr zaidul akbarsarapan sehat tempemenu sarapan sehattips sarapan sehatmanfaat tempe

Berita Lainnya

Berita

Terbaru