Mengenal Asuransi Garda Oto dan Cara Membeli Polisnya

Mar 23, 2022 10:34

Berkendara dengan mobil rentan risiko kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, kamu membutuhkan asuransi mobil untuk menjaga dan melindungi mobil dari segala macam risiko dan kerugian.

Tingginya angka kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor kelalaian manusia, faktor kendaraan, dan faktor prasarana dan lingkungan.  

Berdasarkan kondisi tersebut, tentunya kita harus melakukan antisipasi dengan membeli asuransi mobil. Salah satu asuransi mobil yang bisa kamu pilih adalah Garda Oto.

Asuransi Garda Oto merupakan produk asuransi dari Garda Oto yang sudah menjadi perusahaan asuransi mobil yang populer di Indonesia. Bahkan, eksistensinya sudah bermula sejak dekade 1990-an.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang asuransi Garda Oto, baiknya kamu juga mengenal dulu apa saja jenis-jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia.

 

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Asuransi mobil di Indonesia terdiri dari dua jenis yang masing-masing menawarkan cakupan pertanggungan dan premi asuransi bervariasi, yaitu:

 

1. Asuransi Mobil All Rrisk

Asuransi mobil All Risk atau biasa dikenal comprehensive merupakan salah satu jenis polis asuransi mobil yang menanggung segala jenis kerugian yang terjadi pada kendaraan mobil yang diasuransikan. Baik itu kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan dalam kecelakaan lalu lintas ataupun akibat bencana alam dan huru hara.

Asuransi satu ini sangat cocok dipilih untuk kamu yang mencari proteksi asuransi mobil baru.

Cakupan perlindungan asuransi mobil All Risk bisa dibeli dengan perluasan. Misalnya, jaminan perlindungan banjir, terorisme, sabotase, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan sebagainya.

 

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) banyak dipilih karena harga premi yang relatif lebih murah daripada asuransi all risk. Namun, manfaat yang ditawarkan pun jelas berbeda.

Asuransi mobil satu ini hanya menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

 Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, saatnya kamu juga mengenal lebih jauh asuransi Garda Oto yang dikenal sebagai salah satu produk asuransi populer di Indonesia,

 

Mengenal Asuransi Garda Oto

Garda Oto adalah produk asuransi mobil yang dihadirkan oleh Asuransi Astra Buana. Didirikan pada tahun 1956 dengan nama PT Maskapai Asuransi Buana, perusahaan berganti nama setelah saham mayoritas dibeli Astra International pada 1981. Nama PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) resmi digunakan sejak 1990.

Kemudian pada tahun 1995, diluncurkan produk asuransi kendaraan khusus mobil yaitu, Garda Oto. Polis ini menjadi salah satu pelopor asuransi kendaraan di Indonesia.

Bahkan, Asuransi Astra melalui produk asuransi mobilnya, Garda Oto juga meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021 dari majalah SWA dengan predikat Platinum, lho.

IBBA 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada brand yang mampu mempertahankan dan bangkit di tengah pandemi COVID-19, serta memberikan dampak secara langsung pada sektor perekonomian di Indonesia.

 

Keunggulan Asuransi Garda Oto

Asuransi Garda Oto memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Perbaikan mobil di seluruh jaringan bengkel Garda Oto, termasuk bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk pertanggungan asuransi all risk.
  • Call center Garda Akses yang dapat dihubungi selama 24 jam di nomor 1500112.
  • Untuk nasabah yang tinggal di Jakarta, Bandung, Bogor, dan Surabaya, terdapat layanan home survey claim dan Pickup Delivery Service (PDS).
  • Layanan Emergency Road Assistance (ERA) Garda Siaga 24 Jam.

 

Cara Membeli Polis Asuransi Garda Oto

Tertarik untuk memiliki asuransi mobil yang satu ini? Berikut langkah-langkahnya!

 

1. Melakukan pendaftaran

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto dapat mengisi data diri (KTP) dan STNK serta melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan di situs Gardaoto.com.

 

2. Melakukan pembayaran

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto memiliki sejumlah cara untuk melakukan pembayaran, yaitu:

  • Kartu kredit berlogo Visa/Mastercard/JCB yang dikeluarkan bank di Indonesia.
  • BCA KlikPay.
  • Virtual Account Permata Bank.

 

3. Survei

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto bisa mengaktifkan polis dengan cara melakukan survei kendaraan di lokasi pilihan.

 

4. Polis terbit

Polis elektronik akan langsung dikirimkan melalui surat elektronik maksimal 1×24 jam setelah persetujuan survei.

 

Alasan pentingnya memiliki jaminan dari asuransi mobil

Masih banyak yang menganggap kalau asuransi mobil sebagai hal yang tidak begitu penting. Padahal, mengasuransikan mobil kesayangan bisa melindungi tabungan kamu dari pengeluaran-pengeluaran yang membebani.

Selain itu, ada pula alasan lain yang membuat kamu perlu memiliki asuransi mobil, yaitu:

 

1. Peningkatan jumlah kendaraan 

Menurut laporan Statistik Transportasi Darat yang diterbitkan BPS, pada periode 2015-2019, jumlah kendaraan bermobil meningkat sebanyak 6,10% setiap tahun. Banyaknya kendaraan di jalanan, seringkali menyebabkan gesekan antar pengendara.

Untuk mengantisipasi kerugian akan hal tersebut, kamu bisa membeli produk asuransi mobil yang akan melindungimu dari permasalahan finansial yang sewaktu-waktu bisa melanda.

 

2. Mengamankan kondisi finansial

Asuransi kendaraan mobil juga bisa melindungi kamu dan penumpang dari biaya perawatan yang mahal bila terjadi kecelakaan. Apalagi, tingkat kecelakaan di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

 

3. Jaringan bengkel yang luas

Asuransi mobil akan memberikanmu kemudahan dan perlindungan ketika ingin melakukan perawatan ataupun saat terjadi kecelakaan. Jaringan bengkel yang tersebar luas serta kemudahan dalam melakukan klaim merupakan aspek yang sangat penting.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Asuransi Garda OtoAsuransi Mobil

Berita Lainnya

Berita

Terbaru