2 Kasus Hukum Gilang Juragan 99 sebelum Jadi Crazy Rich Mandek, Kini Diincar Bareskrim Polri

Mar 21, 2022 12:50
Juragan 99 (Foto: Instagram)
Juragan 99 (Foto: Instagram)

JATIMTIMES -  Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 dan sang istri, Shandy Purnamasari kini menjadi sorotan publik terkait harta kekayaan mereka. Hal tersebut berawal dari kasus investasi bodong hingga penipuan yang menjerat Indra Kenz dan Doni Salmanan.

Tak sedikit warganet yang lantas mempertanyakan asal usul harta kekayaan Gilang dan Shandy yang disebut Crazy Rich Malang itu. Bahkan artis Nikita Mirzani juga merasa harta kekayaan pasutri itu tak wajar. 

Namun siapa sangka, jauh sebelum dikenal sebagai Crazy Rich, ternyata Gilang dan Shandy pernah 2 kali terseret kasus hukum. Sayangnya kasus tersebut rupanya mandek dan belum ada kejelasan. 

Berikut 2 kasus Juragan 99 yang dimaksud: 

1. Kasus Penjiplakan Desain Produk Kosmetik

Kasus hukum pertama yang menjerat Gilang dan Shandy terjadi pada tahun 2018 lalu. Saat itu Gilang terseret kasus hukum soal penjiplakan desain produk kosmetik hingga pabrik bodong.

Direskrimsus Jatim (Jawa Timur) pun lantas menetapkan 3 tersangka dalam kasus penjiplakan wadah kosmetik itu. 

3 tersangka tersebut adalah pengusaha ternama di Jawa Timur, 2 diantaranya adalah Gilang dan Shandy. Namun, ketiga tersangka itu tidak dilakukan penahanan. 

Hal itu karena ancaman kasus hukum mereka kurang dari 4 tahun.

2. Kasus Kepemilikan Pabrik Bodong MS Glow

Kasus hukum kedua yang menjerat Gilang dan Shandy terjadi pada 10 November 2021 saat MS Glow tersandung tudingan kepemilikan pabrik bodong. Gedung yang berfungsi sebagai pabrik itu dinilai melakukan pelanggaran perizinan.

Namun sayang kasus hukum ini tidak ada kelanjutan dari pihak kepolisian setempat. Kondisi itu membuat warga Pasuruan yang tergabung dalam aliansi Kesatuan Aksi untuk Transparansi Perda (Keranda) mempertanyakan komitmen polisi.

Kini, Gilang dan Shandy disebut-sebut menjadi incaran Bareskrim Polri. Awalnya, artis Nikita Mirzani mencurigai harta kekayaan Gilang dan Shandy. 

"Baru keluar dari karantina, baca berita pagi-pagi dan cukup menghebohkan. Bahwa Cazy Rich asal Malang suami istri ini akan segera dipanggil Bareskrim," ujar Nikita di Instagram.

Di tengah kehebohan Crazy Rich Malang itu, nama Kaji Edan mendadak ikut ramai dibicarakan. Banyak yang menduga, Kaji Edan merupakan sosok asli di balik harta kekayaan Gilang dan Shandy.

Kaji Edan yang memiliki nama asli Onny Hendro Adhiaksono memang mendapat julukan sebagai Sultan Jagakarsa. Sosok Kaji Edan disebut unik karena ia tidak memiliki rekening. 

Disebutkan bahwa rekeningnya justru atas nama sang sopir dan asisten. Penampilan Kaji Edan yang dikenal tajir melintir itu juga jauh dari kesan glamor. 

Terlepas dari semua itu, harta kekayaan Kaji Edan benar-benar mengejutkan dan misterius. Ia diketahui punya mobil dan motor mewah bahkan ada kebun binatang mini di rumahnya. 

Meski pekerjaannya tak banyak dibahas, Kaji Edan disebut-sebut sebagai mantan Komisaris PT Murakabi Sejahtera yang pernah terseret dalam pusaran kasus korupsi e-KTP. 

Di sisi lain, Juragan 99 juga menjadi sorotan terkait jet pribadi miliknya. Pasalnya, pesawat itu diduga bukan milik Gilang.

Minggu (20/3/2022), sebuah akun Twitter, yakni @ferdianshy, memang tidak menyebut bahwa pesawat itu bukanlah milik Juragan 99. Namun, akun itu mengunggah video dari 2 youtuber yang menyoroti 2 jenis pesawat yang ternyata berbeda, yakni Cessna Citation Latitude dan Embraer Legacy VP-CLL.

"Btw pesawatnya itu juga bodong ya. Plat n990ms itu lagi ga ada di Indonesia. Lagi di Texas, Amrik," tulis @ferdianshy.

Cessna Citation Latitude beregistrasi N990MS yang dalam beberapa kesempatan diklaim milik Juragan 99. Harga pesawat tersebut ditaksir senilai Rp 270 miliar.

"Yang punya orang luar, kok bisa ya ngaku-ngaku beli Rp270 miliar. Padahal punya orang luar. Kalau rame aku spill yang banyak soal private jet ini," ujar akun @ferdianshy. 

Melihat pemilik pesawat bisa dilacak melalui situs Federal Aviation Administration (FFA) yang merupakan regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat (AS). Dari penelusuran di situs tersebut, diketahui bahwa pesawat N990MS adalah pesawat milik RSSD Properties LLC.

Tidak ada informasi pemilik lain terkait pesawat tersebut. RSSD Properties LLC adalah perusahaan yang berbasis di Texas, AS. Informasi yang sama juga disebutkan dalam pencarian di situs flightaware.com.

Perusahaan yang sama disebut pemilik N990MS. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi langsung dari Juragan99 atau Gilang terkait kepemilikian jet pribadinya itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gilang Widya Pramanajuragan 99gilang juragan 99crazy rich malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru