JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika

Kupas Sirkuit Mandalika Mulai Berdiri hingga Digunakan para Pembalap Dunia

Mar 19, 2022 12:57
Monumen Sirkuit Mandalika (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Monumen Sirkuit Mandalika (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Semua mata orang Indonesia saat ini tertuju pada Pertamina Mandalika International Street Circuit atau tempat digelarnya MotoGP 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan, sejak beberapa hari terakhir, kawasan di seputar Mandalika sangat ramai dan padat dengan wisatawan.

Di sepanjang jalan menuju Sirkuit Mandalika, jalanan terpantau padat merayap. Padahal, pada hari-hari biasa jalanan disebut landai saja dan tak sepadat saat gelaran MotoGP berlangsung.

Bahkan, penjagaan dari anggota Polisi dan TNI sudah terlihat disepanjang jalan menuju Sirkuit Mandalika. Jika ada kendaraan yang memang tidak berkepentingan untuk menuju sirkuit, petugas langsung memberhentikan.

Untuk mengetahui kondisi Sirkuit Mandalika, tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel pun pada hari keempat ini, Sabtu (19/3/2022) merasakan langsung suasana di sekitar sirkuit.

Sebelum masuk area parkir, terlihat antrean kendaraan yang mencari parkir diatur oleh petugas parkir dan arus lalu lintas diatur oleh Polisi dan TNI. Suasana area sekitar pintu masuk pun ramai digunakan penonton untuk mengabadikan foto sebelum menuju tribun. Euforia dan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan langsung aksi para pembalap itu pun terasa sangat kental.

Namun apakah masyarakat sudah mengenal tentang sirkuit dengan 17 lintasan tersebut? Berikut JatimTIMES mencoba mengenalkan sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia saat ini.

Panjang Lintasan Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Lombok sendiri dibangun berstatus kelas dunia dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan yang siap ditaklukkan para pembalap kelas dunia. PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan aspal khusus dari Inggris untuk lapisan paling atas trek.

Banyaknya Putaran Pertandingan MotoGP Mandalika 2022

Pada saat pertandingan, para pembalap akan menaklukkan aspal sebanyak 27 putaran atau lap di sirkuit. Jumlah putaran ini sama dengan Sirkuit Ricardo Tormo, Sirkuit Phillip Island, Sirkuit Le Mans Bugatti dan Sirkuit Misano.

Jumlah putaran pertandingan di sebuah sirkuit MotoGP telah melalui proses perhitungan yang matang dan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan FIM. Balapan MotoGP hanya berlangsung sekitar 40-45 menit dengan jarak tempuh 100 sampai 130 Km.

Dengan panjang lintasan sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer, maka balapan nantinya akan berlangsung dengan jarak tempuh sekitar 113 kilometer.

Wartawan JatimTIMES, Hendra Saputra ketika berada di sekitar Sirkuit Mandalika (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Lama Pembangunan Sirkuit Mandalika

Pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dimulai pada Oktober 2019 silam. Sedangkan, Sirkuit Mandalika Lombok selesai dibangun pada akhir 2021 menjelang gelaran balap motor bergengsi World Superbike.

Simak terus keseruan laporan wartawan JatimTIMES di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Notes: Laporan ini ditulis Tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
motogp mandalikaSirkuit MandalikaJatimtimes Network

Berita Lainnya

Berita

Terbaru