Kembangkan Bakat, SMA Negeri 1 Sumberpucung Ajak Siswa Belajar Menulis

Mar 18, 2022 09:47
Kepala SMA Negeri 1 Sumberpucung, Drs. Sigit Umbar Purnomo, M.Pd (kanan) saat menerima piala juara 3 LKTI Tingkat Nasional dari siswa. (Foto: Istimewa).
Kepala SMA Negeri 1 Sumberpucung, Drs. Sigit Umbar Purnomo, M.Pd (kanan) saat menerima piala juara 3 LKTI Tingkat Nasional dari siswa. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Pemandangan tak biasa di SMA Negeri 1 Sumberpucung terlihat pada Rabu (16/3/2022) lalu. Ratusan siswa kelas XI dengan antusias memasuki Aula Graha Smaloka.

Ternyata, mereka tengah mengikuti  workshop siswa dengan tema “Menumbuhkan Kreatifitas Siswa Dalam Penulisan Karya Ilmiah Remaja Melalui Gerakan Literasi”. Acara ini diprakarsai oleh tim Gempita Smaloka. 

Ketua Gempita Smaloka Eka Dian Susanti, M.Pd  mengatakan, acara workshop siswa yang diadakan merupakan salah satu langkah untuk melatih, memotivasi dan menjaring siswa dalam kompetisi menulis. 

Gempita Smaloka sendiri merupakan gerakan menjadi penulis remaja Smaloka (SMA Negeri 1 Sumberpucung) yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi siswa-siswi mengembangkan bakat dalam menulis fiksi maupun non fiksi. 

Acara ini dilaksanakan dengan prokes yang ketat, mengingat kondisi pandemi. Sehingga tak semua siswa bisa mengikuti agenda secara langsung di Aula.

"Karena pandemi, tidak semua murid bisa mengikuti materi secara langsung. Kami bagi untuk kelas XI bisa ikut secara langsung di aula berkapasitas 1000 orang, dengan jaga jarak dan prokes ketat," kata Dian.

Sementara siswa kelas X, lanjutnya, mengikuti workshop secara online melalui youtobe official smaloka.

Workshop ini sendiri menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Malang, Aditiya Nugroho Widiadi, Ph.D dengan judul Menulis Mudah, Mumpung masih Muda. Selain itu juga pemateri dari guru yakni Dr. Susanto Yunus Alfian, M.Pd dengan judul Semangat Menulis- Mudah Menulis. 

Selama kegiatan, siswa membuat kerangka penelitian secara langsung yang dipandu oleh pemateri. Salah satu pemateri, dari Universitas Negeri Malang, Aditiya Nugroho Widiadi menyampaikan, penelitian diawali dari rasa penasaran, tantangan, pengendalian, dan imajinasi. "Semua harus diawali dari rasa penasaran dan ada tantangan," kata Adit.

Di sisi lain, Kepala SMA Negeri 1 Sumberpucung, Drs. Sigit Umbar Purnomo, M.Pd dalam sambutannya berharap, melalui kegiatan ini siswa-siswi SMA Negeri 1 Sumberpucung dapat meneliti dan menuangkan ilmunya. Sehingga menghasilkan karya yang menginspiratif sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Sumberpucung.

Senada, Humas SMA Negeri 1 Sumberpucung, Pudjo Winanto mengungkapkan, setelah workshop ini diharapkan siswa siswi banyak berlatih meneliti dan menulis. Sehingga bisa memanfaatkan era kedepannya sesuai dengan tuntutan kurikulum. Terlebih bagi kelas XII nantinya terdapat tuntutan menulis tugas akhir sebagai ujian nasional. Sehingga workshop ini merupakan langkah awal untuk menghadapi kurikulum baru.

Sementara itu, setelah acara penyampaian pemateri dilanjutkan dengan pemberian tali asih dari SMA Negeri 1 Sumberpucung kepada para pemateri. Kemudian penyerahan piala juara 3 LKTI Tingkat Nasional dari siswa kepada sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SMAN 1 Sumberpucungsigit umbar purnomoeka dian susanti

Berita Lainnya

Berita

Terbaru