Iblis Tercipta dari Api, Lantas Mempankah Disiksa Api Neraka ?

Mar 18, 2022 08:33
Ilustrasi iblis disiksa api neraka (Ist)
Ilustrasi iblis disiksa api neraka (Ist)

JATIMTIMES - Iblis diciptakan Allah dari api. Di neraka nantinya, mereka akan di azab Allah dengan api yang menyala-nyala dan panasnya melebihi panasnya api dunia. Lantas, jika demikian, apakah iblis mempan dengan siksaan api neraka?. 

Diulas dari Islam Populer, Iblis memang diciptakan dari api. Namun setelah tercipta, iblis tak seperti api yang banyak terpikirkan. Ia sudah menjadi sebuah mahluk yang itu, keadaan atau kondisinya berbeda dengan api. 

Abdul Wafa Ibnu Aqil, dalam sebuah kitab berkata, "Setan dan jin bisa disiksa dengan api sebagaimana manusia bisa disiksa dengan tanah. Intinya, asal dari manusia adalah tanah, tanah secara hakiki. Demikian jin asalnya adalah api. Bisa berlaku seperti itu".

Dari pernyataan tersebut, maka sangat mungkin jika iblis dapat disiksa dengan api, sebagaimana manusia ketika dilempar tanah juga akan merasakan sakit. Syekh Sholeh Al Munajid, dalam Fatwa Al Islam Su'al Wak Jawal menjelaskan perihal siksaan iblis di neraka.

"Seandainya setan pun wujudnya abis saat ini, maka Allah tetap bisa saja menyiksanya. Allah mampu mewujudkan segala sesuatu. Tidak ada yang mungkin bisa mengalahkan kehendak Allah". 

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya, aku pasti memenuhi neraka jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu diantara mereka kesemuanya"(QS Sad 85).

Sekalipun mereka (iblis) diciptakan dari api, namun mereka tetap akan merasakan pedihnya api neraka. Allah mampu mengubah tabiat iblis, hingga bisa merasakan pedihnya siksaan api neraka. 

Dalam Alquran, bukan hanya azab api yang akan menyala-nyala di neraka. Akan tetapi, azab lain berupa adanya hewan ular, kalajengking, rantai, belenggu dan yang lainnya  juga akan menghukum mereka sesuai dengan amalannya.

" Sesungguhnya, pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoraan minyak yang mendidih dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat amat panas" (QS Ad Dukhan 43-46).

Siksaan neraka bukan hanya hawa panas, akan tetapi juga hawa dingin yang membuat apa saja didalamnya beku. Halnini telah dijelaskan dalam firman Allah, " inilah (azab neraka). Biarlah mereka merasakannya (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin (ghassaq)" (QS Sad 57).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
iblispanas api nerakaapi neraka

Berita Lainnya

Berita

Terbaru