Gus Baha: Hari Kiamat Masih Jauh Selama 3 Hewan Ini Masih di Dunia 

Mar 13, 2022 10:38
Gus Baha (Foto: IST)
Gus Baha (Foto: IST)

JATIMTIMES - Kiamat adalah hari yang sangat ditakuti oleh seluruh umat manusia. Di mana hari itu merupakan hari kehancuran alam semesta dan segala kehidupan yang ada di dalamnya. 

Dalam agama Islam, kiamat atau akhir zaman adalah peristiwa puncak dari semua kehidupan yang ada di bumi ini berupa hancurnya alam semesta beserta isinya termasuk manusia dan makhluk lainnya. Tak ada seorang makhluk pun yang bisa lolos dari kiamat. Umat Islam wajib meyakini adanya hari kiamat sebagai tanda keimanannya kepada Allah SWT.

Kiamat adalah awal dari kehidupan yang sebenarnya akan dilalui oleh manusia. Sebab, kehidupan yang kita jalani saat ini adalah fana atau sementara. Sedangkan kehidupan yang kekal abadi adalah kehidupan di alam akhirat kelak. 

Menurut Gus Baha hari kiamat belum akan terjadi jika masih ada 3 hewan ini di dunia. Menurut ulama dengan nama lengkap K.H. Ahmad Bahauddin itu, 3 hewan tersebut bisa menghambat datangnya hari kiamat. Oleh sebab itu, selama 3 hewan tersebut masih hidup di dunia maka kata Gus Baha hari kiamat belum akan terjadi.

Lantas apa 3 hewan yang dimaksud Gus Baha itu?

Dalam firman Allah SWT di Alquran, maka kebenaran itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika masih ada hewan yang diciptakan Allah di bumi ini maka kiamat tidak akan segera datang.

Menurut Gus Baha dalam ilmu fiqih, ada 3 hewan yang menghambat datangnya kiamat. Sebagaimana dilansir dari  kanal YouTube Berkah Nyantri, 3 hewan yang dimaksud Gus Baha yaitu unta, sapi, dan kambing.

"Selama Allah masih menciptakan hewan yang bisa dimakan manusia, itu berarti Allah masih ingin manusia hidup," ujar Gus Baha.

Karena hal itu menunjukan bahwa Allah masih ingin manusia hidup dan tidak ingin menyiksa manusia. "Selama masih ada dabbah, yakni hewan apa saja yang menjadi sumber energi manusia, itu berarti Allah masih belum ingin menyiksa manusia," kata Gus Baha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gus BahaHari kiamathewan penghambat kiamat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru