Segudang Manfaat Kopi: Tingkatkan Fungsi Otak hingga Cegah Obesitas

Mar 13, 2022 08:25
Kopi (Foto: LP2M UMA)
Kopi (Foto: LP2M UMA)

JATIMTIMES - Kopi menjadi salah 1 minuman favorit oleh sebagian orang. Namun, bagi yang tidak menyukai kopi mereka menganggap minuman itu memiliki kandungan kafein yang tak baik untuk kesehatan lambung.

Tapi siapa sangka, di balik kandungan yang ada di dalamnya, kopi juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Oleh sebab itu, dr. Saddam Ismail yang merupakan seorang dokter dan healthy vlogger mengungkap manfaat baik di balik kandungan kopi.

"Tak banyak orang tahu, bahwa kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan energi dan fungsi otak," ujar dr. Saddam Ismail seperti dikutip dari video di kanal YouTube dr. Saddam Ismail. 

Hanya saja, agar mendapatkan beberapa manfaat baik itu disarankan saat minum kopi harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Manfaat pertama menurut dr. Saddam Ismail yaitu kopi bisa menjaga kesehatan otak, bahkan mengurangi risiko depresi. Kopi juga bisa mencegah penurunan fungsi otak, contohnya seperti penyakit parkinson dan alzheimer. Selanjutnya, kopi memiliki manfaat yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

Atau yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, meminum kopi bisa menjadi pilihan alternatif untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal. Manfaat baik dari kopi yang terakhir yaitu kandungan kafein di dalamnya bisa mengurangi risiko batu empedu.

"Fungsi kafein tersebut bisa mencegah pembentukan kolesterol atau kristal di dalam kantung empedu," tutur dr. Saddam Ismail.

Namun dr. Saddam Ismail juga mengingatkan bahwa saat mengkonsumsi kopi tetap tidak boleh berlebihan atau harus sesuai takarannya. Umumnya secangkir kopi mengandung 95 mg kafein, sehingga masih aman jika dikonsumsi sebanyak 3 gelas per hari.

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa dosis kopi disetiap orang  berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan faktor umur, kesehatan, atau penyakit tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
manfaat kopidr saddam ismailfungsi otakcegah obesitas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru