Doa sebelum Sikat Gigi dan Sunahnya Menurut Ajaran Rasulullah 

Mar 01, 2022 09:27
Menyikat gigi (Foto: Pinterest)
Menyikat gigi (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Sama seperti halnya bagian tubuh lainnya, menjaga kebersihan mulut juga sangat penting. Menurut kesehatan, kita dianjurkan untuk rutin sikat gigi sehari minimal dua kali.

Menggosok gigi tidak hanya mencegah dari penyakit maupun bakteri, namun juga menjaga kebersihan dan mencegah bau mulut.

Karena Islam merupakan agama yang sangat mencintai keindahan dan kebersihan, kita sangat dianjurkan untuk membersihkan mulut secara teratur. Tak cuma untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk syariat.

Sebelum sikat gigi, sangat disarankan untuk membaca doa terlebih dahulu. Berikut doa yang bisa dibaca sebelum menyikat gigi dikutip dari laman NU Online.

للَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ، وَشُّدّ بِهِ لِثَاتِىْ، وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِيْ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ ياَ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

"Allāhumma bayyidh bihī asnānī, wa syudda bihī litsātî, wa tsabbit bihī lahātī, wa bārik lī fīhi, yā arhamar rāhimīn."

Artinya: "Ya Allah, putihkanlah gigiku, kuatkan gusiku, teguhkan rongga kerongkonganku (faring) melalui pembersih gigi (siwak/gosok gigi). Berkahilah diriku melaluinya, wahai Zat Yang Maha-Pengasih."

Doa di atas dikutip oleh Syekh Ibrahim Al Bajuri, Hasyiyatul Bajuri, (Beirut, Darul Kurub Al-ilmiyyah: 1999 M/1420 H), juz I, halaman 84. Dalam kitab tersebut dijelaskan beberapa sunah dalam menggosok gigi.

- Perlunya menggosok gigi yang diawali dengan niat atau doa.
- Menggosok gigi menggunakan dengan tangan kanan. Kebiasaan ini ditiru dari perilaku Rasulullah yang selalu menggunakan tangan kanannya untuk melakukan hal-hal baik.
- Jari kelilingking berada di bawah sikat gigi atau siwak. Sedangkan jari manis, tengah dan telunjuk berada di atasnya, sedangkan untuk jari jempol berada di bawah bagian kepala sikat gigi atau siwak.
- Disunahkan untuk menggosok gigi hingga bagian pangkal gigi geraham baik secara membujur atau melintang.

Untuk diketahui, zaman Rasullulah sendiri, masyarakat Arab biasa memakai siwak untuk membersihkan gigi. Walau tradisional, siwak ternyata efektif membersihkan gigi seperti halnya menggunakan sikat dan odol.  Penggunaan siwak ini terutama dilakukan sebelum berwudhu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Menyikat gigiMenjaga kebersihan mulutDoa menyikat gigituntunan doa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru