Permintaan Bunga Mawar Tinggi, Petani Kota Batu: Belum Bisa Penuhi Permintaan

Feb 27, 2022 18:37
Hamparan bunga mawar di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Hamparan bunga mawar di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kecamatan Bumiaji menjadi salah satu sentra penghasil pertanian bunga mawar. Hingga saat ini para petani bunga mawar Kota Batu sudah memiliki pelanggan setia, bukan hanya dalam kota tetapi dari beberapa pulau. Seperti pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Namun pasar terbesarnya adalah Jakarta dan Bali. Setiap dua hari sekali para petani harus memenuhi pesanan dari Jakarta dan Bali. Setidaknya untuk satu kali panen bisa mencapai 60 ribu tangkai.

Hal tersebut diungkapkan Salah satu petani mawar dari Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Nur Aziz. “Sekali panen bisa dapat 5.000 sampai 7.000 tangkai. Produksi sedang tinggi, bisa sampai 10.000 tangkai,” ucap Aziz, Mingggu (27/2/2022).

“Sekali kirim ke Bali, bisa 60.000 sampai 70.000 tangkai. Ke Jakarta juga sama bisa sampai 60.000 tangkai,” tambah Aziz.

Untuk bisa memenuhi jumlah pesanan tersebut, Aziz bekerjasama dengan kelompok tani (Poktan) lain dalam satu gabungan poktan. Bahkan untuk pengiriman, sudah ada armada khusus yang mengangkut pesanan bunga mawar tangkai ke luar daerah.

Dalam satu minggunya bisa tiga kali pengiriman. "Untuk pengiriman ke Bali dan Jakarta kami bergabung dari tujuh poktan, masih dalam satu gabungan poktan khusus mawar,” imbuh Aziz.

Menurutnya permintaan hingga saat ini terus naik, sayangnya para petani belum dapat memenuhi. Misalnya seperti Bali, permintaannya kini naik menjadi setiap hari. Namun hal itu masih belum bisa dipenuhi.

“Permintaan Bali setiap hari, tapi kami belum bisa memenuhi permintaan. Sanggupnya ya seminggu tiga kali itu,” tutup Aziz, 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pertanian bunga mawarpetani bunga mawar kota batupasar mawar kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru