Kenali Ciri Nusyuz, Penyakit yang Membuat Para Istri Berdosa

Feb 27, 2022 08:38
Ilustrasi seorang istri yang melakukan Nusyuz (Foto: ensiklopedia alfatih).
Ilustrasi seorang istri yang melakukan Nusyuz (Foto: ensiklopedia alfatih).

JATIMTIMES - Selain kebahagiaan, kehidupan dalam berumah tangga akan selalu diwarnai dengan perkara kecil maupun besar lainnya. Meski hal tersebut merupakan hal yang wajar, akan menjadi permasalahan serius jika seorang istri mulai meninggalkan kewajibannya terhadap suami. 

Perihal tersebut, seperti halnya diolah dari Ensiklopedia Al Fatih, dalam Islam hal itu disebut dengan Nusyuz. Mengutip buku ketika istri berbuat Nusyuz oleh oleh Syafri M Noor LC (2018:21), Nusyuz merupakan kedurhakaan istri dan rasa besar dari diri terhadap suami.

Banyak ulama mendefinisikan, jika Nusyuz merupakan keluarnya istri dari kewajiban taat kepada suaminya atau perbuatan menyimpang yang timbul dan dilakukan oleh istri kepada suami.

Tetapi, sebagian ulama juga ada yang menjelaskan, jika Nuzyus tidak hanya berlaku bagi seorang istri, namun juga bagi seorang suami yang melakukan perbuatan menyimpang kepada istri. 

Syekh Syarqawi mengatakan, "bahwa Nusyuz bisa terjadi dari sang istri dan sang suami meskipun hal ini (penyebutan Nustuz) tidaklah populer diarahkan kepada suami. Mengutip jurnal Nusyuz, dalam kajian perbandingan fiqih islami dan perspektif gender oleh Ronal Zikrin (2012), istri dianggap melakukan Nusyuz jika ia tak mau melakukan kewajibannya sebagai seorang istri, baik lahir maupun batin.

Dalam Al Qur'an surat An Nisa ayat 34, juga memberikan penjelasan tentang Nusyuz. "Laki-laki (suami) itu pelindung kaki perempuan (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat kepada Allah dan jaga diri ketika suhunya tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka. Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasehat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang) dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari alasan untuk menyusahkannya, sungguh Allah maha tinggi, maha besar".

Masih dari sumber buku ketika istri berbuat Nusyuz, Imam as Dzahabi menyebutkan, bahwa perbuatan Nusyuz termasuk dari dosa besar, dosa besar yang ke 47, dosa besar seorang istri kepada suaminya.

Bukan hanya dosa besar, Nusyuz juga menyebabkan terputusnya nafkah dari suami sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Muhammad bin Qasim dalam Fathul Qorib (2000:239). "Ada dua hal yang bisa gugur akibat Nusyuz, yakni hak milik dan hak mendapatkan nafkah".

Perbuatan istri yang masuk kategori Nusyuz, menurut para ulama juga terdapat sebuah perbedaan. Ulama Hanafiyah menyatakan bahwa suami tidak wajib memberikan nafkah kepada isteri Nusyuz, karena tidak ada Taslim (tunudj dan patuh) dari isteri.

Ulama Malikiyah menyatakan, bahwa Nusyuz terjadi jika istri menolak 'bersenang-senang' dengan suami, termasuk juga keluar rumah tanpa izin suami. Terlebih lagi pergi ke suatu tempat yang sang istri tahu, suaminya tidak senang jika istrinya pergi ke tempat itu. Sementara suami tidak mampu menjaga istri dari awal (namun tidak suami lakukan) atau mampu mengembalikannya dengan damai atau dengan lewat Hakim, maka istri tidak terkategori melakukan Nusyuz.

Ulama Hanabilah memberikan tanda-tanda Nusyuz, di antaranya adalah malas atau menolak diajak bersenang-senang, atau memenuhi ajakan namun merasa enggan dan menggerutu sehingga rusak adabnya terhadap suami. Termasuk Nusyuz, adalah dengan bermaksiat kepada Allah dalam kewajiban yang telah Allah berikan kepadanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
nusyuzapa itu nusyuzciri nusyuzciri dosa nusyuzdosa besarkumpulan cerita islamdunia islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru