7 Manfaat Tak Terduga Rebusan Daun Kangkung, Bisa Atasi Ketombe hingga Sakit Kepala

Feb 27, 2022 07:33
Kangkung (Foto: klikdokter)
Kangkung (Foto: klikdokter)

JATIMTIMES - Kangkung merupakan salah satu sayuran favorit orang Indonesia. Biasanya kangkung diolah dengan cara ditumis.

Selain enak dimakan, kalian juga bisa coba rebus kangkung lalu minum airnya dan rasakan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. 

Penasaran apa khasiat rebusan kangkung? Berikut ulasannya:

1. Untuk menghilangkan ketombe

Tak banyak yang tahu, kangkung ternyata bisa mengobati ketombe. Kandungan gizi dan berbagai macam vitamin yang tinggi di daun kangkung, bisa membantu untuk menghilangkan ketombe.

Caranya yaitu sediakan seikat kangkung, lalu pisahkan dari batangnya. Kemudian rendam daun kangkung selama satu malam hingga air rendaman air kangkung berubah menjadi kebiru - biruan.

Gunakan air rendaman daun kangkung tersebut untuk keramas. Lakukan setiap hari dan rasakan khasiatnya.

2. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi hampir pernah dirasakan setiap orang. Sakit gigi tentu akan menggangu aktivitas kita.

Tahukah kalian, jika akar kangkung sangat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi.

Caranya ambil segenggam akar kangkung lalu rebus dengan air sebanyak 1 gelas. Tambahkan 1/2 sendok cuka.

Gunakan air rebusan sebagai bahan kumur-kumur dan sebagian di minum.

3. Mengurangi darah haid berlebihan

Buat para wanita yang selalu haid berlebihan, daun kangkung bisa membantu untuk mengurangi proses haid. Caranya sediakan 1/2 kilogram daun kangkung, cuci kemudian di haluskan.

Lalu tambahkan atau campur air sebanyak 1/2 gelas dan saring ke sebuah cawan. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu. Minum sekaligus air olahan daun kangkung tadi.

4. Mengobati mimisan

Untuk mengobati mimisan, sediakan seikat daun kangkung segar.

Cuci terlebih dahulu daun kangkung hingga bersih, lalu haluskan daun kangkung. Tambahkan sedikit gula, seduh dengan dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring kemudian minum dua kali sehari.

5. Mengobati gusi bengkak

Selain bagus untuk mengobati sakit gigi, akar kangkung juga bisa mengobati gusi yang bengkak.

Sediakan akar kangkung sebanyak 200 gram. Cuci hingga bersih kemudian rebus dengan menggunakan campuran air sebanyak 200cc dan air cuka sebanyak 200cc.

Setelah air rebusan hangat, kumur-kumurlah menggunakan air rebusan akar kangkung tadi. Lakukan berulang-ulang.

6. Mengobati sakit kepala

Cara mengobati sakit kepala menggunakan kangkung di akui sangat mujarab. Hal ini telah banyak di lakukan di kalangan umum.

Caranya yakni sediakan daun kangkung secukupnya, lalu cuci hingga bersih dan rebuslah daun kangkung segar tadi dengan air sebanyak 2 gelas.

Jika air rebusan menyusut dan hanya tinggal 1 gelas, minumlah air rebusan kangkung tadi dan rasakan khasiatnya.

7. Mengobati insomnia

Bagi penderita insomnia, sering-seringlah mengkonsumsi tumis kangkung tanpa batang. Hal tersebut dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit insomnia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kangkungolahan kangkungmanfaat kangkungkhasiat kangkung untuk kesehatanolahan daun kangkungdaun kangkungmanfaat daun kangkungDunia kesehatanberita kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru