Doa Agar Terhindar dari Godaan Setan dan Jin, Amalkan Sebelum Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Feb 26, 2022 09:25
Ilustrasi berdoa. (Foto: Source google).
Ilustrasi berdoa. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Bagi umat islam, setiap akan melakukan berbagai hal dianjurkan untuk berdoa. Termasuk, saat akan beristirahat di malam hari.

Waktu malam hari memang dinilai yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tapi, saat tidur pun banyak godaan setan dan jin yang mengintai manusia.

Di momen ini manusia dalam keadaan begitu lemah. Sementara itu, gangguan setan tidak bisa diprediksi kapan datangnya dan seperti apa dampaknya.

Karenanya, umat muslim, dianjurkan untuk membaca doa-doa sebelum terlelap dalam tidurnya. Doa sebelum tidur perlu dibaca untuk memohon perlindungan kepada Allah selama kita tidur dan sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Berikut 4 bacaan doa sebelum tidur yang perlu diamalkan sebelum tidur:

Bacaan doa sebelum tidur pertama merupakan yang paling umum diamalkan oleh umat Islam:

Bismikallahumma ahya wa amuut.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Kedua, dianjurkan juga membaca doa berikut agar tenang saat tidur:

Allahumma gharatin nujum w hadaatil 'uyun wa anta hayyun qoyyum ya hayyu ya qoyyum ahdi laili wa anim 'aini.

Artinya:

“Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah terpejam, Engkau adalah Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Wahai Dzat yang Maha Berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan lelapkanlah mataku.”

Ketiga, terdapat bacaan doa sebelum tidur agar kita terhindar dari siksa neraka yang amat pedih.

Allahumma qini 'adzabika yauma tab'atsu 'ibadaka.

Artinya:

"Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau bangkitkan para hamba-Mu."

Keempat, bacaan doa sebelum tidur berikut ini agar terhindar dari gangguan setan selama tidur.

Allahu laa ilaaha illa huwal haiyul qaiyyum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa nauum, lahu maa fii samaawaati wamaa fil 'ardhi, man dzalladzi yasyfau indahuu illa biidznih, yaklamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yukhiituuna bi syaiin min 'ilmihii illaa bimaasyaak, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal 'ardla, wa laa yauuduhuu hifdzuhumaa wa huwal 'aliyyul adziim.

Artinya:

"Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
doa sebelum tidurgodaan setandoa terhindar dari setankumpulan doadunia doadunia islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru