4 Doa Minta Kecukupan Rezeki Saat Masa Sulit

Feb 25, 2022 14:32
Ilustrasi (Foto: Inside Arabia)
Ilustrasi (Foto: Inside Arabia)

JATIMTIMES - Kebutuhan duniawi manusia sangat banyak, baik kebutuhan primer atau sekunder. Kebutuhan yang paling pokok bagi manusia sendiri adalah sandang, pangan dan papan.

Demi memenuhi kebutuhan itu manusia harus bekerja banting tulang. Bagi umat Islam, kebutuhan manusia bukan hanya sekedar kebutuhan duniawi saja. 

Akhirat juga menjadi bagian dari kebutuhan umat Muslim. Sehingga ia tak hanya berdoa meminta rezeki berupa harta benda saja, namun juga memohon atas pengampunan dosa-dosa dan kebahagiaan hidup di akhirat kelak.

Bekerja memang wajib sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan. Selain bekerja, manusia dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kecukupan rezeki.

Doa minta kecukupan rezeki diamalkan agar rezeki yang didapat halal dan berkah untuk kehidupan baik di dunia maupun akhirat. Berikut 4 bacaan doa minta kecukupan rezeki di saat masa sulit:

1. Doa pertama

"Allahummakfini bi halalika 'an haramika wa aghniniy bi fadhlika 'amman siwaka."

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu."

2. Doa kedua

"Ya ghaniyyu ya hamid ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadud, aghnini bihalalika 'an haramika wakfini bifadllika 'amman siwaka."

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

3. Doa ketiga 

"Hasbiyallahu la ilaha illa huwa, 'alaihi tawakkaltu, wa huwa rabbul 'arsyil 'adhim."

Artinya: "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan pemilik 'Arsy yang Agung."

4. Doa keempat

"Allahul kafi rabbunal kafi qashadnal kafi wajadnal kafi likulil kafi kafanal kafi wa ni'mal kafi alhamdulillah."

Artinya: "Allah yang mencukupi, Tuhan kita yang mencukupi, tujuan kita Allah yang mencukupi, yang kita temukan Allah yang mencukupi, terhadap segala sesuatunya Allah yang mencukupi, yang memenuhi kebutuhan kita hanyalah Allah, Allah lah sebaik-baik Dzat yang mencukupi, segala puji bagi Allah."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
doa pembuka rejekidoa dimurahkan rejeki

Berita Lainnya

Berita

Terbaru