Ngopi Seni Beber Kisah Sukses Pengusaha Baju Koko yang Berawal dari Industri Rumahan

Feb 24, 2022 14:51
Podcast Ngopi Seni (Ngobrol Pikir Santri Entrepreneur Nahdliyyin) (Ist)
Podcast Ngopi Seni (Ngobrol Pikir Santri Entrepreneur Nahdliyyin) (Ist)

JATIMTIMES - Di podcast Ngopi Seni (Ngobrol Pikir Santri Entrepreneur Nahdliyyin) yang merupakan program Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU), hadir sosok yang inspiratif. Ia adalah Muhammad Jefri.  Pria 34 tahun itu merupakan pengusaha baju koko dan peci yang sukses mengembangkan usaha dari industri rumahan di Gresik.

Bermula pada 1995, dari industri rumahan yang merupakan rintisan keluarga, perusahaan baju koko dan peci itu terus berkembang seiring berjalannya waktu. Inovasi dalam pembuatan baju koko maupun peci terus dimatangkan. Imbasnya, omzet atau permintaan baju Koko maupun peci di tempatnya begitu meningkat.

Industri tersebut kemudian terus berkembang hingga generasi kedua dengan sebuah nama Ramli Collection. Nama Ramli sendiri diambil dari nama abah (ayah) Jefri.

1

Namun  perjalanan hingga saat ini tidaklah mudah. Terlebih lagi, dua tahun terakhir pandemi covid-19 melanda Indonesia. Pengaruh besar pada penurunan omzet pun sempat Jefri rasakan hingga akhirnya sempat menghentikan produksi. 

Tapi kemudian ia bertekad untuk bangkit dan tidak menyerah terhadap keadaan. Pandemi covid-19 membuatnya untuk berpikir keras dan memutar otak. Selain melakukan pemasaran offline atau pemasaran konvensional, ia kemudian mulai merambah pemasaran melalui digital marketing. 

"Kita mulai lakukan penjualan online, kita daftar ke marketplace. Selain itu, kita  memanfaatkan promosi melalui melalui media sosial, seperti Facebook ads, Tiktok dan lainnya. Di situ malah tumbuh," jelasnya.

2

Seiring berjalannya waktu, omzet Ramli Collection kembali naik. Ia pun kemudian benar-benar me-manage dengan membentuk tim yang fokus pada pemasaran melalui digital marketing. Berbagai macam strategi, baik promo hingga terobosan baru dalam produk dicoba oleh Ramli Collection. 

"Seperti pas pandemi kemarin, kita luncurkan peci anak LED. Iya kuatkan tim, ada desain grafis, fotografer, dan juga customer service yang melayani di marketplace supaya lebih maksimal," jelasnya.

Selain itu, Ramli Collection mempunyai produk yang merupakan best seller, yakni peci yang dinamai Peci NU Nusantara. 

Untuk baju koko, produk dari Ramli Collection juga bervariasi dan terbuat dari bahan-bahan atau kain berkualitas serta variasi yang model atau hiasan yang menarik. "Untuk peci, kami ada peci lukis, bukan bordir. Jadi dibuat handmate," jelasnya.

Untuk diketahui, Ramli Collection merupakan usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 1975. Ramli Collection  memproduksi baju koko dan peci. Bermula dari industri rumahan, kini berkembang dan memiliki workshop untuk produksi. 

Ramli Collection kini telah memiliki banyak mitra dan beratap retail yang tersedia di beberapa kota, seperti Malang, Surabaya, Sidoarjo Jember, hingga wilayah Sumatera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ramli CollectionRumah Sedekah NUinspirasi bisnisNgopi Seni

Berita Lainnya

Berita

Terbaru