Malangtimes

Indigo Om Hao Jelaskan Mitos Karang Kursi Pelabuhan Ratu, Ungkap Hubungan Gusti Kanjeng Ratu Kidul dengan Soekarno

Feb 24, 2022 10:11
Nyi Roro Kidul dan Soekarno (Foto: IST)
Nyi Roro Kidul dan Soekarno (Foto: IST)

JATIMTIMES - Keberadaan Gusti Kanjeng Ratu Kidul memang sangat erat dengan beberapa tokoh nasional di Indonesia. Diketahui, Karang Kursi yang terletak di Pelabuhan Ratu ini sangat erat kaitannya dengan Soekarno.

Dari mitos yang beredar, Karang Kursi adalah tempat menjalin komunikasi antara Gusti Kanjeng Ratu Kencana Sari atau Gusti Kanjeng Ratu Kidul dengan Soekarno. 

"Jadi tahun 50-60an itu presiden pertama Ir. Soekarno itu kalau ingin berjumpa dengan Gusti Kanjeng Ratu Kidul, itu lokasinya di sini," ucap indigo Om Hao dilansir melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa. 

Di tahun yang sama, Ir. Soekarno merancang beberapa hotel legendaris yang masih berdiri kokoh sampai saat ini di Indonesia. 

"Kalau di Yogya ada di jalan Solo, kemudian di bundaran Jakarta yang terkenal, dan satu lagi Pelabuhan Ratu ini," tutur Om Hao. 

Menurut Om Hao, lokasi Karang Kursi ini masih digunakan untuk beberapa ritual tertentu. Namun tak sedikit yang bingung dengan sosok Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. 

Dari berbagai sumber, keduanya adalah sosok yang berbeda. Nyi Roro Kidul berasal dari Sunda, sedangkan Kanjeng Ratu Kidul diyakini keturunan para dewa.

Nyi Roro Kidul sendiri diyakini sebagai ratu dari para lelembut yang mendiami Pantai Selatan Jawa. Sementara, Kanjeng Ratu Kidul merupakan penguasa Pantai Selatan Jawa.

Selain mitos Kanjeng Ratu Kidul, Pelabuhan Ratu pun tak luput dari mitos tentang petilasan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Tak cuma Karang Kursi, di lokasi yang sama ada sebuah tempat yang disebut masyarakat sekitar sebagai sumur tujuh atau sumur pitu.

Sumur tujuh ini bukanlah sumur pada umumnya. Sumur tersebut memiliki bentuk seperti karang yang berjumlah 7 dengan dasar yang sangat dalam.

Warga sekitar Pelabuhan Ratu meyakini sumur tujuh ini memiliki tuah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan memberikan pertolongan.

"Contohnya untuk pengobatan, siraman pengantin, biasanya ambil dari sini dan air di sini payau," ucap Om Hao.

Sumur tujuh juga digunakan beberapa orang sebelum melakukan pilkada untuk 'ngalap berkah'.

"Untuk enteng jodoh, terkena guna-guna ilmu hitam, atau yang ingin melepas kemampuannya, itu dapat dilakukan di tempat ini," tutur Om Hao.

Bahkan beberapa praktisi supranatural sering menggunakan area tersebut untuk ruwatan maupun larung ke Pantai Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru