Unikama Buka Pendaftaran Maba, Yuk Buruan Daftar, Banyak Kemudahan yang Bakal Didapat Calon Mahasiswa

Feb 23, 2022 20:19
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023(Ist)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023(Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023. Pada PMB ini, Unikama menyediakan beberapa jalur masuk, yakni melalui Jalur Reguler dan Jalur Prestasi.

Rina wijayanti MPsi, Kepala Divisi PMB Unikama menjelaskan, Jalur Reguler ini berlangsung dalam tiga gelombang. Gelombang 1 dimulai pada tanggal 1 Januari sampai 3 Mei 2022. Gelombang 2 dimulai pada tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2022 dan gelombang 3 pada tanggal 1 Agustus hingga 30 September 2022.

"Ada juga jalur non reguler, dimana nanti untuk yang alih jenjang, transfer atau bagi mahasiswa yang karyawan yang ingin berkuliah di Unikama bisa memilih jalur ini," tuturnya. 

Untuk jalur prestasi, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Januari hingga 30 April 2022. Jalur prestasi ini, terdiri dari prestasi akademik maupun non akademik.

"Jadi untuk teman-teman yang peringkat 1 sampai 10 dan sekarang di kelas 3, bisa menggunakan nilai raportnya untuk jalur prestasi. Untuk jalur ini, teman-teman mendapatkan keistimewaan potongan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) 100 persen," jelasnya, Rabu, (23/2/2022).

Pada PMB ini, keistimewaan juga akan didapatkan bagi mereka keluarga PGRI. Pada pendaftaran gelombang 1, akan mendapatkan potongan DPP 100 persen. Bukan hanya itu saja, mereka yang merupakan Tahfiz maupun mereka yang mempunyai prestasi non akademik, juga akan mendapatkan potongan DPP sebesar 50 persen.

4

"Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu juga terdapat kemudahan, mereka bisa menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sehingga mereka bisa mendapatkan beasiswa pendidikan hingga selesai," ungkapnya.

Para calon mahasiswa sangatlah layak memilih Unikama. Sebab, Unikama merupakan kampus PGRI peringkat pertama dengan penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta memiliki Sistem Pembelajaran Daring (Spada).

Terdapat enam fakultas yang ada di Unikama. Enam Fakultas tersebut yakni, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Prodi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Peternakan.

Unikama juga memiliki Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Selain itu, juga terdapat program Pascasarjana, yakni Magister Pendidikan IPS, Magister Manajemen dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

2

"Unikama ini merupakan kampus multikultural dan representatif yang kesemuanya Prodi telah terakreditasi. Telah banyak prestasi di tingkat daerah hingga nasional yang telah diraih oleh Unikama," jelasnya.

Beragam fasilitas juga tersedia di Unikama, diantaranya adalah Asrama Mahasiswa (Rusunawa), Koperasi Mahasiswa, Language Access Center (LAC), Pusat Pengembangan Karir, Lembaga Sertifikasi Profesi, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPA, Laboratorium Model PAUD, Laboratorium Mini Bank dan yang lainnya.

"Unikama juga memiliki fasilitas kampus yang memadai, ruangan kelas, laboratorium dan berbagai sarana pendukung lainnya," tuturnya.

Bagi para pendaftar akan sangat dimanjakan. Sebab, mereka tak perlu datang langsung ke kampus. Calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran melalui link yang telah disediakan, yakni https://pmb.unikama.ac.id/register-pmb. Setelah masuk, calon mahasiswa mengikuti petunjuk yang ada untuk melakukan proses pendaftaran.

"Untuk tes, mahasiswa juga tidak usah datang. Pendaftaran hingga tes bisa dilakukan secara online," terang Rina.

Sementara itu, untuk informasi lebih lanjut calon mahasiswa bisa menghubungi pada nomor WhatsApp 0811 3780 081 
atau melalui [email protected] dan bisa juga melalui media sosial Unikama, baik Facebook (Universitas PGRI 
Kanjuruhan Malang), Instagram (@unikamaofficial) maupun Twitter (@unikama_).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
unikama malangUniversitas Kanjuruhan Malangpendaftaran unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru