dr. Zaidul Akbar Bagikan 1 Resep untuk Sembuhkan Amandel tanpa Operasi

Feb 19, 2022 07:27
Ilustrasi (Foto: Onedio)
Ilustrasi (Foto: Onedio)

JATIMTIMES - Ahli pengobatan sunnah sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar mengatakan, ada 1 cara yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang amandel.

Cara ala dr. Zaidul Akbar 1 ini adalah resep minuman sehat yang terbuat dari rempah pilihan. Antara lain yaitu jahe, temulawak, dan lengkuas.

Jika rutin mengkonsumsi resep minuman jahe, temulawak, dan lengkuas ini, kata dr. Zaidul Akbar, maka amandel akan sembuh tanpa operasi.

"Amandel ini kan biasanya bikin penderitanya mengalami batuk-pilek terus menerus, susah makan, dan mudah sakit. Pembengkakan amandel sering terjadi akibat infeksi virus atau infeksi bakteri. Perlu diobati dengan tepat, biar enggak terus membengkak," tutur dr. Zaidul Akbar.

Menurutnya, 3 bahan dapur yang juga rempah-rempahan ini, memiliki beragam kandungan penting yang mampu melawan radang amandel.

"Jahe, temulawak dan lengkuas ini, sifatnya anti radang, antibakteri, dan antivirus. Bisa lawan virus penyebab radang amandel," kata dr. Zaidul Akbar.

Dilansir dari Instagram @kampusmadu, berikut resep minuman yang bisa dibuat di rumah:

- Jahe 3 ruas
- Temulawak 3 ruas
- Lengkuas 1 ruas
- Madu secukupnya.

Cara membuat:

Iris tipis jahe, temulawak, dan lengkuas, lalu rebus hingga air sedikit berkurang. Jika sudah, angkat dan tiriskan sampai hangat.

Kemudian, beri tambahan madu secukupnya. Minuman ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari.

"Rutinkan minum ini 3 kali sehari kalau lagi radang amandel, dengan izin Allah, nanti amandel yang bengkak bisa kempis," ucap dr. Zaidul Akbar.

Kendati demikian, dr. Zaidul Akbar tetap menyarankan agar kita bisa mengimbanginya dengan beberapa kebiasaan.

"Tips tambahan, jangan makan yang teksturnya kasar, makan makanan yang lembut. Banyak minum, banyak istirahat, dan minum jus dari buah-buahan," saran dr. Zaidul Akbar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
zaidul akbardokter zaidul akbaramandelobat amandel

Berita Lainnya

Berita

Terbaru