5 Manfaat Konsumsi Buah Pir Hijau, Salah Satunya Ampuh untuk Diet

Feb 18, 2022 10:26
Pir hijau. (Source google).
Pir hijau. (Source google).

JATIMTIMES- Sudah menjadi hal yang banyak diketahui, jika mengonsumsi buah secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan, bagi sebagian orang yang tengah menjalani diet, mengonsumsi buah sangat dianjurkan.

Tapi, ada satu jenis buah yang kaya akan nutrisi, yakni pear atau pir. Tapi, jenis pir hijau asal Xianjiang, China amat ampuh untuk berbagai kesehatan.

Pir China atau pear xiang lie (seckel) ini cukup mudah ditemui di pasar buah atau supermarket. Meski memiliki bentuk yang kecil dan tidak terlalu bulat, tapi manfaat kesehatan dari buah ini cukup banuak.

Berikut 5 manfaat pir hijau untuk kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Dikutip dari Journal of trace elements in medicine and biology: organ of the Society for Minerals and Trace Elements 2016, pir merupakan sumber mineral layaknya tembaga dan kalium. Kandungan tembaga ini berperan dalam menjaga sistem kekebalan, metabolisme kolesterol, dan fungsi saraf. Sedangkan kalium, membantu kontraksi otot serta fungsi jantung.


2. Mencegah Kanker

Makan buah pir bisa menjadi satu cara untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit mematikan, salah satunya kanker. Sebab, buah ini mengandung asam antosianin dan cinnamic yang terbukti ampuh melawan penyakit kanker.

 

3. Ampuh Turunkan Gula Darah

Mengutip dadi Webmd, serat dari buah pir yang diserap oleh tubuh lebih lambat daripada gula sederhana. Hal ini dinilai membantu insulin menangani gula darah lebih mudah. Bagi penderita diabetes ini dinilai ampuh.

 

4. Jaga Kesehatan Jantung

Dalam Journal of agricultural and food chemistry 2012, kulit pir mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ampuh juha mengurangi peradangan, dan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi.


5. Ampuh untuk Diet

Sedang berdiet, maka buah pir hijau ini bisa jadi pilihan. Ya, buah rendah kalori, banyak air, dan kaya serat ini akam menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan, karena serat dan air dapat membantu kamu tetap kenyang.

Dalam jurnal Appetite tahun 2008, dijelaskan, seorang perempuan yang mengonsumsi 3 buah pir per hari selama 10 minggu sebagai makanan utamanya, mampu kehilangan rata-rata 1,9 pon (0,84 kilogram).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pearbuah pirpir chinamanfaat buah pir

Berita Lainnya

Berita

Terbaru