Ustaz Adi Hidayat Beber Doa Mustajab untuk Diamalkan di Hari Jumat dan Waktu Paling Tepat

Feb 18, 2022 09:21
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: source google).
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: source google).

JATIMTIMES- Hari Jumat bagi umat Islam merupakan hari yang penuh dengan keberkahan. Tak ayal, di hari ini umat Islam dianjurkan untuk berdoa.

Bahkan hari Jumat juga diketahui sebagai waktu yang mustajab untuk membaca doa. Di hari ini pula, beberapa ibadah dan amalan dianjurkan untuk dilaksanakan.

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan, melaksanakan berbagai amalan atau ibadah pada hari Jumat selain untuk dihasilkannya doa yang mustajab, juga akan mendapatkan berbagai keutamaan di dalamnya.

Waktu utama tersebut adalah saat di mana doa yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah SWT. Sebagaimana keterangan yang disampaikan Rasulullah SAW dalam hadisnya:

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta,” (HR. Muttafqun ‘alaih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu).

Selain berdoa, di hari Jumat juga merupakan permohonan keberkahan yang luar biasa. Adapun, ada salah satu doa yang kiranya bisa diamalkan di hari ini.

Berikut doanya:

اللهُمَّ اكْفِنَا بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِناَ بِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumakfina bi halaalika ‘an haroomik, wa aghnina bi tha’atika ‘an maksiatik wa bifadhlika ‘amman siwaak

Artinya: Ya Allah mohon cukupkan kepada kami segala yang halal dari-Mu dan jauhkan kami dari segala yang Kau haramkan, Ya Allah mohon luaskan diri kami untuk selalu mendapatkan kesempatan untuk bertaat kepada-Mu untuk meningkatkan ketaatan kami kepada-Mu dan terjauh dari perbuatan-perbuatan yang Kau larang, dan mohon luaskan diri kami untuk mendapatkan segala keistimewaan yang Kau tetapkan yang berpeluang kami dapatkan dan jauhkan kami dari selain itu.

Dalam mengamalkan doa ini, kata Ustaz Adi Hidayat, dapat dibaca di waktu terbaik pada hari Jumat dan dinilai lebih ampuh dalam meminta segala macam permintaan kepada Allah SWT.

Ustadz Adi Hidayat juga mengatakan bahwa doa ini dianjurkan oleh para ulama untuk dimohonkan kepada Allah pada hari Jumat.

Karena itu, waktu terbaik untuk membaca doa ini, yaitu pada waktu singkat antara Ashar dan Magrib, atau pukul 17.00 hingga 18.00 WIB.

Bisa juga di waktu pertengahan antara waktu singkat dan mustajab di hari Jumat yaitu antara waktu Ashar hingga Magrib atau antara pukul 17.30 hingga 17.45 WIB.

“Ada baiknya kita meluangkan waktu untuk merenung dan berdoa, guna keinginan dunia kita terlebih hajat akhirat, yang pasti kita di akhirat akan kekal di dalamnya. Semoga di momen Jumat ini kita diberikan rahmat dan nikmat Allah yang lebih baik dari hari sebelumnya dan hari lainnya,” kata Ustaz Adi Hidayat dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official

Pada hari Jumat ini, menurut Ustaz Adi Hidayat ada baiknya di waktu mustajab ini digunakan untuk merenung dan berdoa memohon kepada Allah atas segala hajat dunia maupun akhirat yang kekal."Manfaatkan waktu terbaik yang sekejap untuk berdoa memohon kepada Allah SWT," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
doa mustajabAdi HidayatUstaz Adi Hidayatdoa hari jumatAllah SWTMuhammad SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru