Valentine Day, Kisah Kelam yang Dirayakan sebagai Hari Kasih Sayang Setiap 14 Februari

Feb 14, 2022 09:53
Valentine Day (Foto: Wallpapertops.com)
Valentine Day (Foto: Wallpapertops.com)

JATIMTIMES - Bagi sebagian orang, Hari Valentine merupakan sebuah momen untuk mencurahkan kasih sayang mereka. Biasanya, Hari Kasih Sayang ini identik dengan memberikan hadiah seperti bunga, cokelat, maupun emoji hati atau kata-kata manis. 

Tepat hari ini, sebagian orang merayakan Hari Valentine dengan orang terkasih mereka. Namun, pernahkah kalian bertanya-tentang sejarah Valentine? 

Mengenai sejarah Valentine, tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana awal mula di balik lahirnya Hari Valentine. Selain itu, tidak ada teori yang benar-benar diperiksa. 

Namun, sebagaian orang ada yang meyakini bahwa sejarah Hari Valentine ada hubungannya dengan St Valentine. Dilansir melalui The New York Times, ada kemungkinan Hari Valentine ini didasarkan pada kombinasi dua pria. 

Pasalnya, ada dua nama Valentine yang dieksekusi pada 14 Februari meskipun pada tahun yang berbeda oleh Kaisar Claudius II. Diyakini bahwa Gereja Katolik mungkin telah menetapkan Hari St Valentine pada 14 Februari untuk menghormati orang-orang yang mereka yakini sebagai martir. 

Terlebih, salah satu dari orang-orang ini, Santo Valentine dari Terni, secara diam-diam meresmikan pernikahan untuk tentara Romawi yang bertentangan dengan keinginan kaisar pada masa itu.

Kisah lain melibatkan praktik menulis surat cinta untuk Valentine Anda. Dikatakan bahwa St Valentine menulis salam "valentine" pertama untuk seorang gadis muda yang dia ajar dan jatuh cinta dengannya saat dia dipenjara karena sebuah kejahatan. 

Menurut The History Channel, sebelum kematiannya, dia menulis surat yang ditandatanganinya "Dari Valentine Anda," yang tetap menjadi frasa umum digunakan hingga hari ini.

Namun yang lain juga percaya bahwa Hari Valentine pada 14 Februari sebenarnya ditetapkan oleh Paus Gelasius I untuk menggantikan festival Romawi kuno Lupercalia, yakni perayaan kesuburan untuk dewa pertanian Romawi serta pendiri Romawi Romulus dan Remus. 

Pada pertengahan 1800-an, Hari Valentine pada 14 Februari menjadi lebih dikomersialkan: Pada tahun 1850, Esther Howland, putri pemilik toko alat tulis di Worcester, Massachusetts, mulai memproduksi kartu ucapan Valentine dengan puisi, bunga mawar, dan  lainnya yang saat ini diasosiasikan secara universal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Hari Valentinevalentine dayValentineSejarah Valentine

Berita Lainnya

Berita

Terbaru