Putri Wapres RI KH Ma'ruf Amin Singgah di NK Cafe, Puji Konsepnya Bagus

Feb 13, 2022 20:19
Putri keempat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah, saat ditemui pewarta di salah satu restoran yang ada di Kota Malang, Minggu (13/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Putri keempat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah, saat ditemui pewarta di salah satu restoran yang ada di Kota Malang, Minggu (13/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Selama dua hari ini, putri keempat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah, berkunjung ke Malang dan sekitarnya untuk menghadiri wisuda anaknya yang saat ini sudah lulus dari Universitas Brawijaya (UB). 

Siti Nur Azizah yang biasa dipanggil Ning Azizah ini bersama suami dan anak-anaknya telah berada di  Malang sejak Sabtu (12/2/2022). Sesampainya di Malang, Ning Azizah beserta keluarga menikmati beragam kuliner. 

Salah satu yang membuat Ning Azizah beserta keluarga berkesan ketika singgah di salah satu kafe terkenal yang ada di Kabupaten Malang, yakni Nendes Kombet atau NK Cafe. Cafe tersebut terletak di Jalan Kasin, Kecamatan Karangploso.

Azizah memuji potensi yang diandalkan  pengelola NK Cafe sangat bagus. Dia mengatakan pengelola berusaha mengombinasikan antara potensi pemandangan alam yang tampak asri dengan potensi pangan lokal.

Selain itu, penataan tempat yang memberikan keleluasaan pengunjung untuk berfoto ria, olahraga, dan menikmati hidangan khas di NK Cafe.membuat orang yang berkunjung betah. Udara segar menjadi ciri khas ketika pengunjung berada di NK Cafe. 

"Membangun ekosistem industri wisata seperti ada produk-produk UMKM, ada durian, ada juga  bakso Malang. Jadi, di situ mampu membangun sebuah ekosistem wisata yang kemudian menggerakkan ekonomi masyarakat sehingga daerahnya juga menjadi hidup," ungkap  Azizah kepada JatimTIMES.com, Minggu (13/2/2022). 

Menurut Azizah, dengan adanya upaya dari para pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menggabungkan potensi wisata dan produk unggulan daerah setempat sudah seharusnya jajaran pemerintah daerah mendukung upaya-upaya seperti ini. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang uga diharapkan memberikan perhatian dan dukungan terhadap upaya para pengusaha dan pelaku UMKM dalam mengembangkan perekonomian di tengah pandemi covid-19.  "Kemudian juga memfasilitasi pengembangan ekosistem wisata alam yang juga di sana mengembangkan industri pangan lokal yang bersertifikat halal," ungkap  Azizah.

Hal itu, lanjut Azizah, sudah menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Terutama terkait sertifikasi halal untuk usaha-usaha yang khususnya bergelut di bidang kuliner. 

"Karena sertifikat halal itu kan mandatori ya. Jadi, suatu kewajiban dari pemerintah yang mendorong agar para pengusaha, terutama yang kuliner, yang mayoritas umat Islam konsumennya, harus bersertifikat halal," pungkas Azizah.

Sementara itu, owner NK Cafe Joni Sujatmoko  merasa senang atas kedatangan putri keempat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin itu.

Dirinya juga menerima saran dan masukan dari Azizah terkait pemenuhan fasilitas bagi masyarakat disabilitas. Hal itu untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung disabilitas untuk menikmati pemandangan dan hidangan dari NK Cafe.

"Ning Azizah menyarankan agar NK Cafe ini dapat menjadi kafe yang ramah disabilitas dan kedepan dapat disediakan guide bagi disabilitas," ujar Joni.

Selain itu, NK Cafe menerima saran dari Azizah untuk dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat disabilitas dagar dapat bekerja di NK Cafe. "Karena Malang selain kota wisata juga kota pendidikan dengan sekian banyak kampus. Sudah selayaknya ada kafe yang memberikan kesempatan kerja disabilitas. Juga ramah kepada customer disabilitas, terutama fasilitasnya," terang Joni.

Joni mengaku akan segera menindaklanjuti saran tersebut. Rencana kebdepan, untuk spot kafe yang berada di depan akan segera ditambah fasilitas penunjang disabilitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Putri Wapres KH Ma'ruf AminKulineran di MalangAzizah Ma'ruf AminNK Cafe

Berita Lainnya

Berita

Terbaru