3 Guru Besar Baru Dikukuhkan, UIN Malang Kian Kaya Profesor

Feb 09, 2022 14:28
Tiga Gubes baru dari Fakultas Tarbiyah UIN Malang yang dikukuhkan (Ist)
Tiga Gubes baru dari Fakultas Tarbiyah UIN Malang yang dikukuhkan (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali berbahagia. Tiga dosennya kembali dikukuhkan sebagai seorang Guru Besar (Gubes) Rabu, (9/2/2022). Tiga Gubes yang dikukuhkan dari fakultas tertua, yakni Fakultas Tarbiyah.

Tiga guru besar itu, yakni: Prof Dr Hj Sutiah MPd Guru Besar Bidang llmu Teknologi Pembelajaran Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan; Prof Dr H Agus Maimun M Pd Guru Besar Bidang llmu Pendidikan Islam Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan; Prof Dr H Nur Ali M Pd, Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan.

1

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA, menyampaikan, rasa bahagianya atas pengukuhan dosen UIN Maliki Malang menjadi Gubes. Program penggenjotan Gubes di UIN Maliki Malang akan terus berlanjut dikomandoi oleh para Wakil Rektor dan juga Senat UIN Maliki Malang.

Saat ini, pada era periode kepemimpinannya, telah ada 34 Gubes. Jumlah itu ditegaskan rektor yang akrab disapa Prof Zen ini akan terus ditingkatkan. 

"Ini (program mendorong peningkatan jumlah Gubes) harus terus digalakkan," tegasnya.

Pihaknya menargetkan bukan hanya setiap fakultas, akan tetapi, setiap program studi (Prodi) harus terdapat seorang Gubes. Hal ini menjadi bagian dari program besar UIN Maliki Malang yang semakin memantapkan diri sebagai World Class University.

Dengan bertambahnya Guru Besar baru di UIN Maliki Malang, diharapkan juga memotivasi dosen-dosen lainnya, untuk lebih terpacu dalam meraih gelar akademik tertinggi, yakni sebagai seorang Guru Besar.

1

"Teman-teman yang lain segera mengusulkan (gelar Gubes). Dan pengukuhan hari ini, buka terkahir kali. Ini pengukuhan yang masih akan terus berlangsung," tegasnya.

Saat ini, UIN Maliki Malang masih banyak mempunyai stok calon Gubes. Sekitar 20 sampai 30 an dosen UIN Maliki Malang, kini telah berproses untuk mencapai gelar Gubes.

"Tahun ini kita targetkan 50 Gubes, atau malah lebih dari itu," ungkapnya.

Terakhir, pihaknya berpesan agar para Gubes tetap istiqamah, belajar dan mengajar serta meneliti yang merupakan bagian dari Tri Dharma PT.

"Kami berharap Gubes kita bisa jadi corong, mediator atau duta UIN Maliki Malang, sehingga UIN Maliki Malang bereputasi nasional maupun internasional dan menjadi destinasi kajian Islam di dunia," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki MalangUIN MalikiUniversitas Islam Malangguru besarguru besar uin malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru