Baca Doa Ini Saat Usia 40 Tahun, Ustaz Adi Hidayat: agar Selalu Bersyukur atas Nikmat Allah SWT

Feb 02, 2022 08:31
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: source google).
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: source google).

JATIMTIMES - Usia 40 tahun dianggap sebagai puncak kedewasaaan dan kematangan seseorang dalam menapaki hidup. Baik itu dalam bertindak, bersikap maupun berpikir. Di usia inilah, umat muslim dianjurkan untuk berdoa secara khusus. Doa ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan keberkahan usia untuk terus beribadah kepada-Nya.  

Ustaz Adi Hidayat menyebut, ada satu doa yang wajib dibaca oleh seseorang yang sudah memasuki usia 40 tahun. Usia ini juga disebutnya memiliki keistimewaan, sebagaimana yang dialami oleh para Nabi Allah SWT.

Disebutkan dalam Al Quran, para nabi mendapat hikmah kenabiannya pada usia 40 tahun. Seperti, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Goa Hira tepat pada usia 40 tahun. Saat itu, Rasulullah SAW selalu beruzlah dan sering mengasingkan diri untuk beribadah kepada Allah SWT. Kemudian, Nabi Musa alaihisalam (as) yang juga mendapat hikmah saat usianya 40 tahun.

Ibnu Abbas ra berkata, “Muhammad saw diutus menjadi rasul ketika usia beliau 40 tahun, kemudian menetap di Mekkah dan menerima wahyu selama 13 tahun hingga Allah SWT mengizinkan beliau hijrah ke Madinah dan tinggal di sana selama 10 tahun. Sampai Nabi SAW wafat pada usia 63 tahun.”

Karena itulah, berdoa di usia 40 tahun sangat dianjurkan dalam Islam. Doa ini merupakan permohonan paling dalam seseorang pada Allah SWT dengan tujuan untuk muhasabah diri dan menjadi hamba yang taat.

Dilansir dari kanal youtube Adi Hidayat Official, ini satu doa yang wajib dipanjatkan bagi seseorang yang memasuki usia 40 tahun agar mendapatkan keberkahan dan keberuntungan dalam hidup:

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakal latii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin

Artinya:" Ya Tuhanku, berikanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.” (QS. An-Naml : 19)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
doa syukurUstaz Adi Hidayatdoa di usia 40 tahun

Berita Lainnya

Berita

Terbaru