Masuk Bulan Rajab, Berikut Doa-Doa Khusus yang Bisa Diamalkan

Feb 01, 2022 10:04
Ilustrasi (Foto: Majelis Ulama Indonesia)
Ilustrasi (Foto: Majelis Ulama Indonesia)

JATIMTIMES -Bulan rajab jatuh pada 2 Februari 2022 besok. Memasuki bulan Rajab, biasanya Rasulullah SAW memanjatkan doa khusus. Diketahui, bulan Rajab merupakan bulan ke-7 dalam kalender Hijriah dan Jawa. Bulan Rajab adalah tanda telah dekatnya bulan Ramadhan.

Selain itu, bulan Rajab merupakan bulan yang dimuliakan selain Dzulqqidah, Dzulhijjah dan Muharram. Ketua Dewan Syuro IKADI Prof KH Ahmad Satori Ismail mengatakan doa yang bisa diamalkan saat bulan Rajab yakni sebagai berikut:  

1. Meminta berkah

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغنَا رَمَضَانَ

"Allahumma barik lana fi rajaba wasya'bana waballighna ramadhana."

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

2. Memohon ampunan

ربي اغفر لي و ارحمني و تب علي 

"Rabbighfirli warhamni watub 'alayya" 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, dan terimalah taubatku

3. Membaca sayyidul istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

"Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunaba illa anta."

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

4. Memperbanyak zikir. 

5. Memperbanyak shalawat.

Di bulan Rajab ini juga terdapat amalan puasa sunnah. Rasulullah SAW bersabda kepada Abdullah bin Harits yang bertanya kepada beliau SAW tentang puasa sunnah.

  يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَقْوَى قَالَ صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ وَيَوْمًا بَعْدَهُ قُلْتُ إِنِّي أَقْوَى قَالَ صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ وَيَوْمَيْنِ بَعْدَهُ قُلْتُ إِنِّي أَقْوَى قَالَ صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ بَعْدَهُ وَصُمْ أَشْهُرَ الْحُرُمِ

Beliau bersabda: "Berpuasalah pada bulan sabar (ramadlan) dan dua hari setelahnya. " Aku menjawab, "Sesungguhnya aku masih kuat. "Beliau bersabda: "Berpuasalah pada bulan ramadhan dan dua hari setelahnya. " Aku menjawab, "Sesungguhnya aku masih kuat. " Beliau bersabda: "Puasalah pada bulan Ramadhan, tiga hari setelahnya, dan pada bulan-bulan haram. "

Puasa Rajab dapat dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2022. Sebelum melaksanakan Puasa Rajab, kita diharuskan untuk membaca niatnya terlebih dahulu. Berikut bacaan niat Puasa Rajab, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Kabupaten Kudus:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa."

Artinya: "Saya niat puasa bulan Rajab, Sunah karena Allah ta'ala."

Keutamaan Menjalankan Puasa Rajab

Terdapat beberapa keutamaan bagi umat Muslim saat menjalankan Puasa Rajab. Berikut 6 keutamaan puasa Rajab: 

1. Seperti melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya." (HR.At-Thabrani).

2. Mencatat amalnya selama 60 bulan.

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan." (Abu Hurairah).

3. Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab, maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab, akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab, maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bulan rajabdoa di bulan rajabpuasa rajabniat puasa rajabkeutamaan puasa rajab

Berita Lainnya

Berita

Terbaru