7 Manfaat Selada bagi Kesehatan Menurut dr. Zaidul Akbar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Jan 31, 2022 09:56
Selada memiliki banyak manfaat untuk kesehatan(Foto: iStock)
Selada memiliki banyak manfaat untuk kesehatan(Foto: iStock)

JATIMTIMES Dokter Zaidul Akbar mengatakan selada adalah jenis sayuran yang sering dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Menurut dr. Zaidul Akbar tak banyak yang tahu, jika selada memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

“Sayur selada sangat tinggi kandungan serat dan vitamin lainnya, yang sangat bermanfaat untuk tubuh,” tulis dr. Zaidul Akbar dikutip dari akun Instagram pribadinya @zaidulakbar. 

Berikut 7 manfaat sayur selada untuk kesehatan menurut dr. Zaidul Akbar:

1. Mencegah dehidrasi

Salah 1 manfaat sayur selada yaitu bisa mencegah dehidrasi. Sebab, selada memiliki kandungan air, vitamin, mineral dan serat  sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh menyerap cairan dengan baik.

2. Menangkal radikal bebas

Dalam sayur selada juga terkandung beta karoten, vitamin C, antioksidan dan antosianin yang memiliki manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan beta karoten pada selada mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata, mempertajam penglihatan hingga bisa menjaga dari kerusakan retina.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin K pada sayur selada memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan bisa mencegah dari terjadinya osteoporosis hingga patah tulang.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi, rendah kalori hingga tinggi kandungan air membuat daun selada ini baik dikonsumsi untuk membantu mengurangi berat badan.

6. Menurunkan tekanan darah

Selain kaya vitamin C, vitamin K, dan vitamin A sayur selada juga ternyata kaya kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium, folat, dan vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan jantung. "Jadi nanti kalau pesan ayam goreng, porsi seladanya minta lebih banyak, kalau bisa sepiring isinya selada dan sayur sehat gitu, lalu cocol pake sambel sayur-sayuran itu," ujar dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
7 Manfaat Selada

Berita Lainnya

Berita

Terbaru