Mengerikannya Lembah Ini, Neraka Jahanam sampai Memohon Perlindungan kepada Allah

Jan 31, 2022 09:23
Ilustrasi neraka jahanam (pixabay)
Ilustrasi neraka jahanam (pixabay)

JATIMTIMES - Neraka disiapkan bagi orang tak beriman dan durhaka kepada Allah SWT. Di dalamnya terdapat banyak siksaan yang mengerikan. Dalam sebuah riwayat, neraka memiliki tujuh tingkatan. Dan tingkatan yang paling berat siksaannya adalah Neraka Jahanam.

Dan dalam sebuah riwayat lainnya mengatakan, bahwa terdapat lembah yang siksaannya lebih pedih dan mengerikan. Bahkan Neraka Jahanam saja memohon perlindungan kepada Allah sebanyak 400 kali setiap hari dari kengerian tempat tersebut.

Lalu, tempat apakah itu?, dan siapakah yang akan menempati tempat tersebut?, Dan dosa apa yang membuat akan ditempatkan di tempat tersebut?. Mari simak ulasannya diolah dari channel Lensa Aswaja.

Ibnu Athaillah AS Sakandari pernah menyampaikan, tidak ada dosa yang kecil ketika dihadapkan pada keadilan Allah SWT. Nasehat tersebut, menekankan agar selalu berhati-hati terhadap setiap urusan didunia ini, apalagi seseorang telah mengikrarkan dirinya sebagai muslim.

Rasulullah SAW, telah menyampaikan berbagai kisah. Salah satunya disampaikan Ibnu Katsir dalam kitabnya, Tafsir Ibnu Katsir. Dari Imam Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya Ibnu Abdullah Ibnu Rabbuh Al Bagdadi, telah menceritakan kepada ayahku, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahab Ibnu Atta, dari Yunus, dari Al Hasan, dari Ibnu Abbas dan dari Nabi SAW yang telah bersabda : "sesungguhnya didalam neraka Jahanam,  benar-benar terdapat sebuah lembah, yang neraka Jahanam sendiri meminta perlindungan kepada Allah dari (keganasan) lembah itu, setiap harinya sebanyak 400 kali. Lembah itu disediakan bagi orang-orang yang riya' (pamer) dari kalangan umat Nabi Muhammad yang hafal Kitabullah (Al-Qur'an) dan suka bersedekah, tetapi bukan karena Allah dan juga bagi orang yang berhaji ke Baitullah dan orang yang keluar untuk berjihad (tetapi bukan karena Allah)" (HR Tabrani)

Hal serupa juga terdapat dalam hadits Tirmidzi. Suatu ketika, Rasulullah menceritakan kepada para sahabat dengan bersabda, "mohonlah perlindungan kepada Allah Jubb Al Hazn". Para sahabat kemudian bertanya, "Ya Rasulullah, apa Jubb Al Hazn itu?".

Beliau kemudian menjawab, " itulah sebuah lembah di neraka. Jahanam yang setiap hari neraka jahanam sendiri memohon perlindungan dari itu (Jubb Al Hazn) sebanyak 100 kali".

Kemudian para sahabat bertanya. "ya rasulallah, siapa yang akan memasukinya ?". Rasulullah menjawab, "para pembaca Al-Qur'an yang beramal karena pamrih(Riya')"(HR Tirmidzi).

Dari riwayat Sufyan Ats Tsauri, " sesungguhnya di Neraka Jahanam ada sebuah lembah, di mana neraka jahanam itu sendiri setiap hari memohon perlindungan darinya sebanyak 70 kali. lembah tersebut dihuni oleh para qurra yang gemar mengunjungi para penguasa".

Secara bahasa, Jubb Al Hazn, dapat diartikan lembah kesedihan. Lembah itu terletak di Neraka Jahanam. Neraka Jahanam sendiri, memohon untuk lembah tersebut sisihkan darinya. Sehingga bisa terbayangkan, bagaimana mengerikan dan pedih siksaan di dalamnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
nerakaneraka jahanamAllah SWT

Berita Lainnya

Berita

Terbaru