Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Berikut Keistimewaan Angka 40 Menurut Ustaz Adi Hidayat

Jan 27, 2022 08:30
Ustaz Adi Hidayat (Foto: IST)
Ustaz Adi Hidayat (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ustaz Adi Hidayat (UAH) mengungkap keistimewaan angka 40 yang kerap disebut di dalam kitab suci Alquran. Hal itu disebabkan banyak sekali ajaran keislaman yang menyebutkan angka tersebut.

Dalam satu kesempatan ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menyebut bahwa begitu istimewanya angka 40 tersebut. Sampai-sampai Kalamullah atau firman Allah SWT yang tertuang dalam ayat suci Alquran juga beberapa kali menyebut angka 40.

"Jika diperhatikan ayat-ayat Alquran, hadis-hadis Nabi SAW, baik yang terkait penerimaan wahyu, fase kehidupan yang diutamakan, sampai proses kehidupan kita, maka rata-rata sering kita dapatkan angka 40," ujar Ustaz Adi Hidayat, seperti dikutip dari kanal YouTube Audio Dakwah.

UAH juga menjelaskan ayat pertama dari Alquran yang menyebutkan angka 40, yakni terkait peristiwa Nabi Musa AS sebelum menerima wahyu di Bukit Thur Sinai. Beliau diperintahkan Allah untuk bermunajat selama kurang lebih 40 malam. Peristiwa spiritual itu bahkan tertuang dalam Surah Al Baqarah Ayat 51. Lebih lanjut, UAH menjelaskan tafsir ayat tersebut. 

Penyebutan kata lail atau malam terdapat kata 'ta', itu menunjukkan betapa waktu 40 malam itu sangatlah istimewa.

UAH lantas mengungkapkan bahwa manusia disebutkan mencapai usia ideal untuk menerima segala hal dalam hidup saat mereka memasuki usia 40 tahun. Hal ini juga disebutkan dalam Surah Al Ahqaf Ayat 15.

Tak cuma dalam Alquran, hadis Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang keistimewaan angka 40 yang berkaitan dengan fase-fase penting dalam kehidupan manusia.

"Sekarang lihat lagi, fase kehidupan kita dalam hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam di beberapa bagian di alam rahim, perhatikan pembagiannya. Ketika dimulai fase pertemuan spermatozoa dengan ovum, masa alaqoh di mana sperma menempel jadi zigot di dinding rahim hingga menjadi seberat daging, semuanya 40 hari," jelas UAH.

Ia lalu mengulas kembali beberapa peristiwa penting dalam Islam yang berkaitan dengan angka 40, selain munajat Nabi Musa AS hingga fase kehidupan manusia, ada juga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang pertama kali dinobatkan sebagai nabi dan rasul-Nya yaitu di usia 40 tahun.

Dikarenakan sangat istimewanya angka 40 dalam ajaran Islam, bahkan tertuang di Alquran, Ustaz Adi Hidayat menyebutkan bahwa metode menghafal Alquran yang terbaik pun setelah mengulanginya sebanyak 40 kali.

"Sementara ada pakar Alquran memberikan gambaran kepada kita: 'Kalau Anda ingin menerima Kalamullah secara matang, maka teman-teman cobalah untuk mengulang bacaan sampai mendapatkan nilai 40 ini," jelas Ustaz Adi Hidayat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ustaz Adi HidayatHadis Nabi SAWkeistimewaan angka 40

Berita Lainnya

Berita

Terbaru