Gus Baha Beri Trik saat Bertemu Pocong, Semua Makhluk Halus Akan Ketakutan

Jan 26, 2022 11:06
Gus Baha (Foto: Warta Ekonomi)
Gus Baha (Foto: Warta Ekonomi)

JATIMTIMES - Kesan pertama melihat sosok makhluk gaib atau hantu, ada rasa ketakutan dalam diri kita. Salah satunya yakni saat bertemu dengan pocong. Kebanyakan orang akan lari terbirit-birit. 

Namun, pendakwah KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau  Gus Baha justru memiliki pengalaman yang lucu saat melihat hantu pocong kali pertama. Diansir dari sebuah tayangan di kanal YouTube Kalam-Kajian Islam yang diunggah pada 25 November 2021, Gus Baha menceritakan pengalamannya saat melihat hantu pocong kali pertama.

Gus Baha menceritakan bahwa dirinya dulu adalah orang yang penakut. Gus Baha mengaku dirinya takut melihat hantu, jin, ataupun setan.

Namun setelah diberi tahu sang ayah, ia menyebut bahwa dirinya kini ilmiah. Gus Baha menceritakan bahwa dirinya menjadi pemberani setelah diberi tahu sang ayah tentang makhluk selain manusia. 

"Saya itu agak pemberani. Fulu saya juga penakut. Saya mulai pemberani setelah diberi tahu bapak begini. Saya masih ingat kalimatnya bapak," ungkap Gus Baha.

Putra ulama kharismatik Kiai Nursalim Rembang itu menyebutkan bahwa ayahnya malah meminta dirinya  bersyukur jika diperlihatkan hantu, jin, ataupun setan.

"Kamu kalau ditakuti jin, ya boleh karena manusia. Tapi kamu harus syukur kepada Tuhan karena kamu diperlihatkan ada makhluk selain kamu. Jadi, supaya kamu tahu kalau makhluk tidak hanya manusia saja, namun jin juga ada," ungkap Gus Baha menirukan ucapan ayahnya.

"Semenjak itu, saya agak ilmiah. Maksudnya kapan-kapan jika kalau melihat jin, berarti ada ilmu baru di bumi. Jadi, ilmu itu memang luar biasa," tambah Gus Baha. 

"Jadi saya berkali-kali kelihatannya ada jin, pintu saya buka. Wajahnya gimana mau saya lihat. Dulu ya takut beneran. Ternyata Mustofa tidak lihat," cerita Gus Baha lagi. 

Tak hanya itu. Dia juga mengatakan bahwa makhluk-makhluk seperti hantu, jin, dan setan itu dapat disikapi dengan baik. "Jadi, sebetulnya setan pun bisa disikapi. Andaikan orang itu menganggap setan itu makhluknya Allah yang ingin kenalan dengan kita," jelas Gus Baha. 

"Misalnya ada pocong yang menghampiri rumahmu, lalu kamu ajak salaman, apa tidak kaget pocongnya? Wajahnya buka dong. Kecewa pasti pocongnya karena tidak sesuai rencana," ujar Gus Baha, berkelakar.

Adanya makhluk selain manusia seperti jin dan juga sebangsanya sudah dijelaskan dalam berbagai ayat Alquran bahwa Allah SWT memang telah menciptakan mereka. Alquran telah menjelaskan ada makhluk ciptaan Allah SWT yang bernama jin. 

Penjelasan itu tercantum dalam Surat Al-Araf ayat 12 sebagai berikut: "Aku lebih baik darinya (Adam). Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau menciptakannya dari tanah", (QS Al Araf 12 ).

Tidak cuma itu. Alquran juga memberikan penjelasan salah satu  ciri dari jin adalah bia melihat manusia. Sedangkan manusia tidak dapat melihatnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Araf ayat 27: 

"Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka," (QS Al Araf  27).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gus BahaManusia dan makhluk halusMelihat hantu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru