5 Rencana Aturan Baru Sepak Bola, Hampir Mirip Futsal

Jan 25, 2022 13:10
Pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol. (foto: istimewa)
Pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol. (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Sepak bola akan berubah ke depannya. Hal itu terjadi bila  federasi sepak bola dunia FIFA memberlakukan 5 aturan baru yang terus digodok sampai saat ini.

FIFA baru-baru ini mengeluarkan eksperimen terkait perubahan peraturan dalam sepak bola. Berdasarkan laporan Mundo Deportivo yang dikutip dari Sportbible, FIFA melakukan eksperimen perubahan aturan pada turnamen kelompok umur bertajuk “Future of Football Cup”.

Sebanyak 19 tim  ambil bagian pada turnamen ini. Klub-klub tersebut antara lain adalah tim U-19 PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge.

Meski aturan tersebut belum tentu dilaksanakan, rencana tersebut sudah memicu respons para fans sepak bola. Namun, mereka rata-rata menyampaikan penolakan. Aturan tersebut dianggap mencoreng keindahan sepak bola yang selama ini telah berjalan.

Jika dilihat, aturan tersebut mirip  futsal. Salah satunya lemparan ke dalam yang nanti dihapus dan diganti dengan tendangan hingga waktu pertandingan yang hanya 30 menit dalam satu babak.

Berikut 5 rencana  aturan sepak bola baru yang digodok FIFA.

Ilustrasi jalannya pertandingan (foto: istimewa)

1. Waktu Pertandingan 2 x 30 Menit

Pertandingan sepak bola selama ini diketahui memiliki waktu bermain 2 x 45 menit. Namun kebdepan nampaknya pertandingan hanya bisa disaksikan dalam total waktu satu jam. Sebab, FIFA tengah merencanakan waktu bermain 2 x 30 menit.

Aturan tersebut mengingatkan pada pernyataan Presiden Real Madrid Florentino Perez ketika membentuk kompetisi tandingan Liga Champions, yakni Liga Super Eropa. Saat itu, pertandingan diisyaratkan digelar dalam waktu yang lebih singkat. Namun, Liga Super Eropa batal terlaksana.

Ilustrasi bola keluar lapangan (foto: istimewa)

2. Waktu Dihentikan jika Bola Keluar Lapangan

Dalam aturan sepak bola dengan waktu 2 x 45 menit, biasanya wasit akan memberikan waktu tambahan untuk menggantikan waktu yang terbuang saat pertandingan berjalan.

Tapi pada aturan baru ini, wasit nantinya benar-benar akan menghentikan waktu. Hal itu untuk mengantisipasi trik sebuah klub dalam mengulur waktu.

Aturan ini diadopsi dari olahraga basket dan futsal. Sehingga jika bola keluar lapangan, terjadi pelanggaran, atau kejadian di luar waktu pertandingan, maka wasit akan menghentikan waktu terlebih dulu.

Ilustrasi lemparan ke dalam (foto: istimewa)

3. Lemparan ke Dalam Diganti Tendangan ke Dalam

Throw in atau lemparan ke dalam lapangan kerap dijumpai dalam pertandingan sepak bola. Tapi kemungkinan ke depan tidak akan ada lagi lemparan ke dalam karena aturan baru yang akan diterapkan menyebutkan bahwa lemparan ke dalam diganti tendangan ke dalam.

Aturan tersebut sama halnya seperti futsal yang menggunakan tendangan ke dalam untuk kembali melanjutkan pertandingan.

Ilustrasi pergantian pemain (foto: istimewa)

4. Pergantian Pemain Tak Terbatas

Pada aturan lama, pergantian pemain berlaku sebanyak tiga kali. Tapi sejak ada pandemi covid-19, aturan tersebut diganti menjadi lima kali pergantian pemain.

Tetapi dalam aturan baru yang akan diterapkan, FIFA membebaskan sebuah klub untuk melakukan pergantian pemain tanpa kuota. Hal tersebut menjadi sisi positif bagi sebuah tim untuk memaksimalkan pemain yang jarang turun dalam sebuah pertandingan.

Ilustrasi kartu kuning (foto: istimewa)

5. Penerima Kartu Kuning Tidak Boleh Bermain 5 Menit

Biasanya dalam suatu pertandingan, penerimaan kartu kuning diartikan sebuah peringatan bagi seorang pemain agar tidak melakukan pelanggaran serupa. Tapi pemain penerima kartu kuning masih bisa melanjutkan pertandingan.

Sepertinya aturan tersebut tidak akan berlaku kembali. Sebab, pada aturan baru yang akan diterapkan, penerima kartu kuning tidak boleh melanjutkan pertandingan selama 5 menit dan menunggu di luar lapangan. Penerima kartu kuning tersebut baru bisa melanjutkan pertandingan setelah waktu 5 menit berlalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Aturan baru sepak bolaFIFASepak Bola

Berita Lainnya

Berita

Terbaru