Pelaku UMKM Buruan Mendaftar, Pemkot Malang Fasilitasi Merek Gratis Lho!

Jan 22, 2022 09:17
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang terus didorong untuk semakin menguatkan produk yang dijualnya. Kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) telah membuka pendaftaran bagi UMKM yang ingin mematenkan merek produknya.

Melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, program Fasilitasi Merek atau Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (SHKI) gratis akan dilakukan di awal 2022 ini.

Kepala Diskopindag Kota Malang, M Sailendra mengatakan, program ini sebagai bentuk support untuk pelaku UMKM agar semakin bisa mengenalkan produk yang dimiliki dengan kondisi tanpa tiruan dan paten. Karenanya, melalui program ini ia meminta pelaku UMKM ber-KTP Kota Malang benar-benar memanfaatkan secara maksimal.

"Sudah kami sosialisasikan, program ini kami tujukan pada pelaku UMKM yang ber-KTP Kota Malang dan memang membutuhkan Fasilitasi Merek. Ini tidak dipungut biaya, dan penting untuk hak paten," katanya.

Untuk tahapannya, warga yang berminat diminta melengkapi beberapa persyaratan. Seperti, yang wajib adalah memiliki logo usaha, KTP asal Kota Malang, lokasi usaha di Kota Malang dan memiliki Perizinan Berusaha Berbasis Risiko atau Nomor Induk Berusaha (NIB).

Selain itu, merek yang didaftarkan harus belum terdaftar pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). "Itu bisa dicek, apakah mereknya sudah terdaftar di PDKI. Bisa dilihat di laman website PDKI Indonesia. Disana bisa dipastikan dulu sebelum mendaftar di program ini," ungkapnya.

Nah, bagi pelaku UMKM yang berminat dan telah memenuhi persyaratan tersebut bisa melanjutkan pendaftaran ke Diskopindag Kota Malang. Caranya pun mudah, yakni dengan menghubungi akses Nomor Telegram 081216767367.

"Nanti akan dilayani, admin siap memberikan informasi selengkapnya. Dilayani di hari dan jam kerja ya," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pelaku UMKMKota MalangDiskopindag Kota Malangfasilitas merek gratisBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru