Selain Gunung Kawi, Gunung Mujur di Malang Diyakini Bisa Bawa Kemujuran

Jan 05, 2022 20:02
Anak tangga menuju wisata religi Gunung Mujur.(foto: istimewa)
Anak tangga menuju wisata religi Gunung Mujur.(foto: istimewa)

JATIMTIMES - Bukan hanya Gunung Kawi yang terkenal dengan mitos pesugihan. Di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang juga terdapat Gunung Mujur yang diyakini sebagian masyarakat dapat membawa kemujuran atau keberuntungan jika saat datang ke sana memiliki niat baik.

Nama Gunung Mujur sendiri adalah sebuah perbukitan di lereng Gunung Arjuna. Secara geografis, gunung ini terletak di Desa Donowarih dan Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 10 km dari Kota Batu.

Wisatawan saat datang ke Gunung Mujur malam hari (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Sebagai informasi, Gunung Mujur juga sarat dengan hal mistis. Karena lekat dengan hal mistis, ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan gunung tersebut.

 Mau tahu apa saja mitos yang berkembang tentang Gunung Mujur ini? Simak informasi berikut ini

1. Bisa Membawa Kemujuran

Sebagian masyarakat percaya bahwa datang ke Gunung Mujur dengan membawa niat baik akan berimbas pada kemujuran atau keberuntungan.

Kemujuran tersebut bisa berbentuk  rezeki, jodoh dan sebagainya. Terlebih jika datang ketika Jumat Legi (pasaran tanggal Jawa).

Namun bila datang dan memiliki niat buruk atau jahat, tentunya niat tersebut akan kembali atau bisa dikatakan senjata makan tuan.

2. Terdapat Makam Keramat

Jika sampai di Gunung Mujur, mata wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang tumbuh dengan sangat lebat. Suasana dan hawa segar selalu terpancar ketika menuju ke Gunung Mujur.

Wilayah ini sudah lama dikenal sebagai tempat wisata religi. Ini karena keberadaan sebuah makam yang disakralkan. Dan untuk mencapai makam ini, pengunjung harus menaiki anak tangga sejauh 100 meter, seperti menaiki sebuah candi.

Menurut warga, makam itu adalah makam Setakumintir, seorang patih di Kerajaan Blambangan (Banyuwangi). Namun ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah makam Ki Ageng Kertojoyo.

Biasanya, wisatawan yang datang ke makam tersebut untuk berdiam diri atau meditasi. Diyakini, jika berhasil meditasi di tempat tersebut, akan mendapatkan wisik atau bisikan dari doa yang telah dipanjatkan.

3. Datang 7 Kali, Cepat Dapat Berkah

Mitos juga berkembang bahwa jika wisatawan datang ke Gunung Mujur selama 7 kali berturut-turut, akan mendapatkan berkah tersendiri.

Topik
Gunung Mujur di MalangGunung mistisPenumpang kereta apiBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru