Bayi Hidup Ditemukan di Tempat Sampah, Begini Kondisinya

Jan 05, 2022 19:05
Ilustrasi bayi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi bayi. (Foto: Shutterstock)

JATIMTIMES - Warga di kawasan Jalan Joyo Mulyo Gang II, RT 03/RW 03, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang digegerkan dengan penemuan bayi yang masih hidup di atas tempat sampah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JatimTIMES.com, bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki. Kejadian penemuan bayi yang masih hidup itu terjadi pada hari Selasa (4/1/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Dalam penuturan salah satu saksi yang menemukan bayi tersebut yakni Udin (60) menyampaikan, saat ditemukan bayi laki-laki tersebut berada di dalam sebuah kardus berwarna cokelat dan dibalut dengan kain berwarna merah muda.

Udin mengatakan dirinya bersama istri sudah dalam kondisi tidur. Namun, tiba-tiba sang anak datang menuju kamar dan membangunkan Udin karena mendengar suara tangisan seorang bayi.

Merasa ada yang janggal, Udin yang terbangun bersama istri dan anaknya masih tidak memberanikan untuk keluar rumah. Beberapa saat kemudian terdapat dua anak kos yang melintas.

"Dua anak kos itu baru saja masuk ke gang dan anak kos itu juga mendengar suara tangisan bayi," ungkap Udin kepada JatimTIMES.com, Rabu (5/1/2022).

Benar saja, sumber suara tangisan tersebut datang dari sebuah kardus berwarna cokelat yang terletak diatas tempat sampah umum di kawasan Jalan Joyomulyo Gang II, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kemudian, dua anak kos tersebut memberanikan diri untuk membuka kardus berwarna cokelat. Setelah dibuka, kedua anak kos tersebut pun kaget dengan penemuan bayi laki-laki dalam kondisi sehat, terbalut kain berwarna merah muda dan beralaskan kain celana berwarna biru.

Udin menduga bayi laki-laki tersebut baru beberapa hari dilahirkan. Salah satu alasannya karena ari-ari masih menempel pada tubuh bayi laki-laki tersebut.

"Setelah Ketua RW datang ke lokasi, bayi itu pun dibawa ke rumah saya sambil menunggu pihak kepolisian," terang Udin.

Lebih lanjut, tidak lama kemudian jajaran anggota Polsek Lowokwaru tiba di lokasi penemuan bayi laki-laki dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Setelah itu, bayi laki-laki yang dalam kondisi sehat dibawa menuju Rumah Sakit Umum Daerah dr Saiful Anwar (RSSA) Malang untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sementara itu, Kapolsek Lowokwaru Kompol Suyoto mengatakan, bahwa kejadian penemuan bayi laki-laki di kawasan Jalan Joyomulyo Gang II adalah benar adanya. Pihaknya pun langsung melakukan penyelidikan. Suyoto menduga, bayi laki-laki tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya.

"Kita masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Kita juga masih mengumpulkan keterangan dari para saksi yang berada di sekitar lokasi penemuan, semoga pelakunya dapat segera tertangkap," pungkas Suyoto.

Topik
Penemuan BayiKota Malangkasus bayi dibuangKepatuhan pelayanan publikBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru