Baca Doa Ini Jika Merasa Ngantuk Saat Bekerja

Jan 05, 2022 09:02
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Siapa yang sering merasa ngantuk saat bekerja? Biasanya, masuk jam setelah makan siang, pasti kalian pernah merasa ngantuk dan mata menjadi sedikit berair akibat menguap. 

Jika mengalami hal itu, biasanya ingin sekali melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa ngantuk. Rasa ngantuk bisa muncul dari berbagai faktor. 

Seperti kurangnya tidur, kelelahan, atau konsumsi air putih yang kurang. Bahkan, duduk terlalu lama juga bisa muncul rasa kantuk.

Banyak yang menjadikan minum kopi sebagai pilihan pertama untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, memilih untuk tidur siang atau power nap juga menjadi pilihan lain demi mencegah ngantuk saat bekerja. 

Namun, selain minum kopi, kamu juga bisa membaca doa untuk mengurangi rasa kantuk. Berikut doa yang bisa diamalkan untuk mencegah kantuk saat bekerja yang tercantum dalam Alquran:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ (54)ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (55)وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ

"Inna rabbakumullahu ladzi kholaqos samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummas tawa 'alal 'arsyil lailan nahara yathlubuhu khatsitsaw wasy syamsa wal qomaro wan nujuma musakhkhorotim bi amrihi, ala lahul kholqu wal amru tabarakallahu robbul 'alamin. Ud'u robbakum tadlarru'a wa khufyatan, innahu la yukhibbul mu'tadin. Wa la tufsidu fil 'ardli ba'da ishlakhiha wad'uhu khoufaw wathoma'an, inna rokhmatallahu qoribum minal mukhsinin."

Artinya: 

"Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."

Topik
doa hilangkan kantukketindihan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru