9 Tips Interview secara Online agar Menarik Perhatian HRD

Jan 03, 2022 22:06
HRD sebuah perusahaan
HRD sebuah perusahaan

Hai semuanya! Kenalin aku Caterina Aruli Iskandar dari Universitas Muhammadiyah Malang. Kalian udah pernah belum melakukan interview? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips interview, ada pengertian dari Collins Dictionary tentang interview, “an interview is a formal meeting at which someone is asked questions in order to find out if they are suitable for a job or a course of study”. Dapat kita simpulkan dari pernyataan tersebut ialah kegiatan interview atau wawancara ialah sebuah pertemuan formal yang dilakukan oleh HRD dengan seseorang yang melamar pekerjaan diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui apakah mereka kompeten dengan pekerjaan yang dilamar tersebut.

Kalian para job hunter pasti udah enggak asing lagi kan sama tahap interview? Tapi pada zaman setelah pandemic seperti ini, proses interview lebih dipermudah lho! Yaitu melalui video conference, contohnya zoom meeting, google meet, atau yang sejenisnya.  

Menurut kalian penting gak sih first impression dari seorang HRD? First impression itu penting yaa guys bagi seorang HRD karena dari situ dia bisa melihat keseriusan kalian dalam melamar pekerjaan tersebut. Nah, sempatkah kalian bingung bagaimana caranya seorang HRD menilai kita saat kegiatan wawancara berlangsung? Yuk simak 9 tips dibawah ini!

1. Menggunakan pakaian yang sopan

Pakaian yang sopan itu seperti apa sih? Kalian bisa menggunakan kemeja formal, rambut yang tertata rapi, dan lain sebagainya. Ketika kita memakai pakaian yang sopan, HRD pasti akan tahu jika kita memang niat dalam mengikuti proses interview.

2. Berada di tempat yang sepi

Berada di tempat yang sepi sangat penting, karena jika kita dalam keadaan yang bising atau rame, kita tidak dapat focus dalam menjawab pertanyaan, dan seorang HRD tidak dapat mendengar apa yang kita bicarakan karena terdapat beberapa sumber suara.

3. Bersiaplah dengan pengetahuan yang cukup

Dalam tahapan wawancara biasanya terdapat dua bagian yaitu wawancara bagian personal dan skill, untuk personal alangkah baiknya kita tahu tentang diri kita, bagaimana kebiasaan kita, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, pengalaman, dsb. Untuk bagian skill biasanya HRD mengetes kita seberapa pahamnya sih kita tentang pekerjaan yang akan dilamar.

4. Datang lebih cepat

Semisal jadwal interview ialah jam 9 pagi, alangkah baiknya 15-20 menit sebelum wawancara berlansung kita sudah stand by di dalam video conference tersebut, karena ketepatan waktu juga akan menjadi point plus. Jangan biarkan HRD menunggu, karena dalam tahap interview terdapat jangka waktunya, jika kita molor maka waktu untuk kita wawancara juga akan terpotong.

5. Menghormati orang lain (HRD)

Jangan menyela ketika HRD sedang berbicara, jadilah proaktif pendengar. Karena attitude yang baik akan menjadi poin plus bagi para HRD

6. Siapkan perangkat; internet, mikrofon, baterai

Pastikan perangkat, koneksi internet, baterai, dan mikrofon bisa berjalan dengan baik. Persiapkan hal ini sebaik mungkin, agar disaat wawancara tidak mengalami kendala.

7. Ucapkan salam

“Halo”, “Selamat pagi”, “Terima kasih” sebagai tanda hormat kita kepada seorang HRD.

8. Perkenalkan diri Anda dengan jelas

Tentu saja memperkenalkan diri sangat penting yaa, agar HRD juga bisa mengenal kita secara lebih intens.

9. Ajukan pertanyaan jika diperlukan

Jika kita diberikan ruang untuk bertanya alangkah baiknya kita bertanya, karena dari sini HRD akan menilai seberapa tertariknya sih kita dengan perusahaan tersebut.

Wah, banyak juga yang perlu kita perhatikan untuk melakukan wawancara, mulai dari persiapan perangkat, pakaian yang sopan, tata krama yang baik, dll. Jangan lupa untuk menerapkan hal diatas ya! Agar interview kalian sukses, good luck!

 

Penulis: Caterina Aruli Iskandar, Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

 

Topik
Collins DictionaryUniversitas Muhammadiyah MalangKepala desa di Banyuwangiruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru