Cara Akses Layanan MPP Merdeka dengan Cepat dan Mudah, Ada Ratusan Perizinan dan Non-perizinan

Jan 03, 2022 17:22
Salah satu warga yang mengakses layanan Disnaker-PMPTSP di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka, Senin (3/1/2022). (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Salah satu warga yang mengakses layanan Disnaker-PMPTSP di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka, Senin (3/1/2022). (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka sudah mulai dioperasionalkan mulai hari ini, Senin (3/1/2022). Masyarakat di Kota Malang kini dengan lebih mudah, cepat, dan nyaman mengakses pelayanan perizinan dan non perizinan cukup di satu tempat saja.

Berada di area lantai 3 Alun-Alun Mal Ramayana, masyarakat tak perlu jauh-jauh mendatangi kantor terpadu atau Block Office di kawasan Kedungkandang. Sebab, cukup datang dengan mengakses Mal dan menuju ke lantai 3 ini, maka pelayanan publik akan terlayani.

Pengunjung cukup dengan datang ke Alun-Alun Mal Ramayana sebagaimana mestinya. Masuk melalui pintu depan, dan mengikuti eskalator yang tersedia menuju ke lantai 3. Beberapa plakat bertuliskan arah MPP Merdeka juga tampak di beberapa titik dekat eskalator.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang, Siti Mahmudah mengatakan, bagi masyarakat yang datang mengurus pelayanan tidak perlu khawatir kebingungan. Sebab, di pintu masuk lantai 3 nantinya akan disambut oleh Customer Service (CS) yang siap mengarahkan tujuan dari pengunjung.

"Jadi masyarakat yang akan datang akan diarahkan oleh CS mau ke layanan apa. Misalnya, ke Dispendukcapil nanti akan diarahkan ke tempat layanan," ujarnya.

Menurut Mahmudah, sistem ini pun ke depan akan terus dilakukan tahapan pembenahan. Seperti, dengan akan ditambah fasilitasi nomor mesin antrean layaknya layanan di Bank. Sehingga, akan lebih memudahkan masyarakat yang akan mengakses pelayanan publik di MPP Merdeka.

"Ke depan kami akan ada pengadaan mesin antrean seperti di bank, mau di mana sih loketnya. Biar masyarakat tidak bingung," imbuhnya.

Sebab, dari lokasi area, semua pelayanan publik di MPP Merdeka ini cukup luas. Bahkan, sekali masuk saja, ada lokasi yang tak tampak dan harus diarahkan. Seperti di bagian selatan area, yang hal ini perlu informasi tambahan untuk yang datang.

"Karena seperti di sisi selatan, itu tersingkir. Nanti dengan tambahan mesin antrean ini, biar lebih nyaman, masyarakat juga lebih mudah untuk mencari informasi pelayanan," terangnya.

Dikatakannya, ditahap awal ini sebanyak 180 layanan perizinan dan non perizinan di MPP Merdeka dihadirkan. Di mana hal itu terbagi dalam 14 tenant.

Diantaranya, Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kota Malang sebanyak 129 layanan, KPP pratama Utara dan KPP Pratama Selatan masing-masing 4 layanan, Bank Jatim 11 layanan.

Kemudian, Samsat ada 1 layanan, BPJS-Tenaga Kerja 3 layanan, BPJS Kesehatan 2 layanan, Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) 6 layanan, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang 2 layanan, BPR, Imigrasi 2 layanan, layanan Disporapar (Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata) berupa Co-Working space, serta Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang dengan fasilitasi pojok baca.

Dari sejumlah layanan tersebut, perempuan yang juga menjabat sebagai Manager Operasional MPP Merdeka ini menyebut, pelayanan dibuka mulai hari Senin-Jumat di jam kerja. Artinya, tidak ada perbedaan dengan layanan perizinan di Disnaker-PMPTSP saat di kantor terpadu.

"Khusus untuk Imigrasi, sementara bukanya masih hari Selasa, Kamis. Kalau operasional di sini Senin sampai Jumat. Sabtu - Minggu tutup dan jam kerja sama dengan PTSP di kantor terpadu," pungkasnya.

Dengan soft launching ini, ke depan Disnaker-PMPTSP masih harus menuntaskan PR untuk pembangunan layanan terpusat di satu tempat tersebut di tahun ini. Dimana, anggaran untuk MPP Merdeka tahap 2 ditaksir sekitar Rp 2,5 Miliar.

Nantinya, bakal ada instansi-instansi lain yang totalnya mencapai 400 layanan yang akan ikut bergabung dalam membuka pelayanan publik di area ini. Seperti, Kantor Urusan Agama (KUA), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kejaksaan, dan masih banyak instansi layanan publik vertikal lainnya.

Topik
Mal Pelayanan PublikMPP Kota MalangDisnaker PMPTSP Kota Malangkalender event 2022Berita MalangBerita Jatim.

Berita Lainnya

Berita

Terbaru