Pabrik Sampo Palsu Catut Merek Terkenal Terbongkar, Begini Cara Membedakannya dengan yang Asli

Jan 03, 2022 16:25
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Publik baru saja dihebohkan dengan terbongkarnya pabrik sampo palsu di sebuah gudang yang berlokasi di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang pada Selasa (28/12/2021) lalu. Aparat Polda Banten pun berhasil meringkus 7 orang yang terdiri atas otak alias pelaku dan karyawan pabrik.

Bahkan, pabrik sampo itu mencatut merek sampo terkenal, seperti Pantene, Clear, Sunsilk, Dove, Head and Shoulder hingga Gatsby. Awal terungkapnya produksi dan perdagangan sampo serta minyak rambut palsu itu berawal ditemukannya ratusan sachet sampo di salah satu warung di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Kemudian, penyidik melakukan pengembangan dan menemukan tempat produksi beragam sampo dan minyak rambut palsu tersebut. Dalam penggerebekan, aparat menemukan sejumlah barang bukti seperti mixer, alat press, timbangan, pompa engkol, dan bahan baku pembuatan sampo serta minyak rambut.

Kemudian bahan baku yang ditemukan yakni soda api, alkohol 96 persen, lem, bahan pengawet dan pewarna makanan. Ada pula kemasan sampo, ratusan renteng sampo dan minyak rambut palsu siap edar.

Mengejutkannya, pabrik sampo palsu itu bisa meraup keuntungan yang cukup fantastis yakni mencapai Rp 200 Juta per bulan. Atas kasus ini, HL selaku yang menjalankan bisnis ini dijerat pasal 60 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan/atau Pasal 62  Jo Pasal 8 atau Pasal 9 ayat (1) huruf d UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

HL mengaku bahwa dirinya sudah menjalankan bisnis ilegalnya ini sejak 3 tahun lalu. Lantas bagaimana cara membedakan sampo asli atau palsu?

Perlu diketahui, penggunaan sampo palsu yang tidak disadari bisa sangat berbahaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Bahkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan iritasi yang menimbulkan luka. 

Tentunya hal itu membuat kita tidak nyaman dan akan merasakan sakit pada bagian kepala.

Kasubdit Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten Kompol Condro Sasongko menjelaskan bagaimana cara membedakan antara sampo asli dan palsu.

Ia mengatakan, jika dilihat dari kemasan secara teliti sampo itu terlihat tidak rapi antara 1 sachet dengan sachet lainnya dalam satu renteng.

"Kemasannya jika diliat dari sambungan antara sachet kalau yang palsu tidak rapi, ada keliatan lobang, kalau asli rapat," ujar Condro. 

Kemudian jika dibuka, cairan sampo yang palsu encer dan memiliki warna yang tidak pekat atau tegas. Sedangkan sampo asli lebih kental dan warnanya tegas. Jika dicium wangi sampo akan berbeda, yang palsu lebih menyengat dibandingkan dengan yang asli.

Topik
minyak rambut palsupabrik sampocara bedakan sampo asli dan palsuMPP Merdeka

Berita Lainnya

Berita

Terbaru