Rekom dr Zaidul Akbar: 4 Jenis Minuman Herbal yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari

Dec 29, 2021 08:52
Ilustrasi air hangat yang dicampur dengan serai. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi air hangat yang dicampur dengan serai. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pada pagi hari, penting bagi tubuh untuk mendapatkan nutrisi melalui makanan ataupun minuman yang tepat. Untuk mendukung nutrisi yang tepat masuk dalam tubuh, dr Zaidul Akbar memberikan rekomendasi empat macam minuman herbal yang baik dikonsumsi di pagi hari. 

Rekomendasi empat minuman herbal ini pun disampaikan dalam ceramahnya. Zaidul mengatakan, mengonsumsi air mineral baik bagi tubuh. Lebih baik lagi jika dicampur dengan beberapa macam bahan herbal yang dapat menambah nutrisi dalam tubuh. 

1. Air Serai

Zaidul menyampaikan, bahwa mengonsumsi air serai dapat dibuat dari rebusan beberapa lembar serai. Kemudian dalam kondisi hangat dapat diminum pelan-pelan. Minuman herbal ini bahkan pernah membuat seorang pasiennya yang autoimun dan menopause dini, kembali alami siklus menstruasi.

"Tubuh kita bisa reverse, syaratnya apa? Kasih bahan baku yang tepat. Bahan bakunya apa? Vitamin, mineral, asam amino, protein yang baik, seterusnya," ujar Zaidul. 

Air serai pun dikenal dengan manfaatnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Di tengah pandemi Covid-19 ini pun air serai merupakan salah satu minuman herbal yang cocok untuk memperkuat imun. 

Air jeruk nipis hangat.

2. Air Jeruk Nipis Hangat

Selanjutnya, ada minuman air jeruk nipis hangat yang direkomendasikan oleh dokter yang terkenal dengan metode Jurus Sehat Rasulullaah (JSR). Zaidul menuturkan, minum air jeruk nipis hangat bagus untuk tubuh. Terlebih lagi jika dicampur dengan kunyit dan sedikit lada hitam. 

"Itu sudah bikin kenyang sampai siang. Anda sudah tidak akan tertarik lagi dengan tukang bubur ayam lewat," tutur Zaidul. 

Jika di tempat tinggal tidak tersedia jeruk nipis, Zaidul menyarankan minum air hangat dengan campuran sedikit garam. Pasalnya garam mengandung 'trace element' (mineral) yang bisa membuat suasana hati (mood) membaik di pagi hari.

Air kurma.

3. Air Kurma

Untuk yang mengalami masalah pencernaan, Zaidul merekomendasikan minum air kurma di pagi hari. Hal ini juga mencontoh kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang selalu menyediakan kurma di rumahnya.

"Sains menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, salah satu masalah tersebut adalah bagian jongjot-jongjot ususnya itu meregang," terang Zaidul. 

Menurutnya, peregangan ini menyebabkan bagian dari usus masuk ke dalam darah. Di situ akan muncul bibit-bibit penyakit seperti autoimun, kanker, bahkan penyakit degeneratif.

Untuk mengatasi peregangan usus itu ternyata dapat diatasi dengan makan atau minum kurma. Karena kurma mengandung pati resisten dan asam amino yang bagus untuk pencernaan. 

"Nabi sudah contohkan dengan air rendaman kurma itu, air nabeez. Air ini air asam amino sebenarnya, kurma mengandung asam amino dan enzimnya badan kita, bahan bakunya adalah asam amino," kata Zaidul. 

Teh Jahe.

4. Teh Jahe

Rekomendasi minuman herbal yang terakhir dari Zaidul yakni Teh Jahe. Zaidul mengatakan, di waktu pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk banyak makan.

"Yang saya pahami, ada hormon ghrelin (hormon lapar) itu memang di pagi hari jumlahnya sedikit banget, jadi pagi jangan banyak-banyak makan, secukupnya saja dan makan pun yang berkualitas," ujar Zaidul. 

Dari pada mengonsumsi makanan berat, dirinya pun lebih menyarankan agar mengonsumsi air panas yang ditambahkan jahe atau biasa disebut Teh Jahe. Bisa juga ditambah sedikit jeruk nipis agar semakin nikmat. 

"Pilihan lainnya adalah teh serai dengan kunyit, jeruk nipis, dan madu. Udah cukup buat siang, bahkan sampai sore," pungkas Zaidul. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
minuman herbalminuman yang baik dikonsumsi pagi haridr zaidul akbar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru