Tak Cuma Masjid Nabawi, Masjid di Sumatera Barat Ini juga Masuk dalam Desain Masjid Terbaik Dunia hingga Raih Penghargaan

Dec 25, 2021 10:40
Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: IST)
Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: IST)

JATIMTIMES - Tak hanya Masjid Nabawi, salah 1 masjid di Indonesia juga dikenal memiliki desain masjid terbaik di dunia. Masjid yang dimaksud adalah Masjid Raya Sumatera Barat yang belokasi di Kota Padang. 

Bahkan, Masjid Raya Sumatera Barat ini berhasil meraih penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid dalam Kompetisi Arsitektur Masjid Abdullatif Al Fozan.

Melansir melalui Albursa, kompetisi ini mengumumkan hasil di sesi ke-3. Ada 7 masjid dari berbagai negara yang memenangkan Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid, termasuk Masjid Raya Sumatera Barat.

Masjid-masjid lainnya yang berada dalam daftar pemenang, yaitu Masjid Basuna di Kegubernuran Sohag, Mesir, Masjid Sancaklar di Istanbul, Turki, Masjid Agung Djenné di Mali, Masjid Raja Abdullah di Riyadh, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Merah di Bangladesh.

Mengutip melalui laman resmi Simas Kemenag, Masjid Raya Sumatera Barat juga dikenal sebagai Masjid Mahligai Minang. Masjid yang berlokasi di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat itu menjadi salah 1 masjid yang terbesar di Indonesia. 

Masjid tersebut, memiliki arsitektur yang berbeda dari masjid pada umumnya. Pasalnya, masjid tersebut tidak memiliki kuba. 

Melainkan menggabungkan tulisan kaligrafi dengan atap yang berbentuk khas Minang. Arsitektur masjid ini merupakan rancangan dari Rizal Muslimin. 

Rizal adalah pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007. Arsitektur masjid ini secara umum mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk lonjong. 

Ada pula penggunaan ukiran Minang sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar. Selain itu, arsitektur masjid ini juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad dengan menggunakan kain yang dibawa oleh 4 orang perwakilan suku di Kota Mekkah pada setiap sudutnya. Masjid Raya ini memiliki ruangan yang sangat luas. Bahkan bisa menampung kurang lebih 20 ribu orang. 

Masjid ini juga dirancang khusus untuk tahan gempa dan bisa digunakan sebagai tempat evakuasi jika terjadi bencana. Kemudian, di area dalam masjid terlihat karpet merah yang terbentang indah dan luas. 

Di bagian luar, masjid ini juga dihiasi dengan air mancur yang sangat indah. Sementara di setiap sudut terdapat menara yang tingginya mencapai 85 meter.

Topik
Masjid Nabawinatal di tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru